Bersihkan Diri Sebelum Memeluk Anak

 

Apa yang Anda lakukan, ibu bekerja, begitu sampai di rumah sepulang kerja? Pasti ingin segera memeluk anak setelah berpisah seharian! Ups ... tak selamanya rasa sayang pada anak diterjemahkan dengan cara ini. Jika Anda sayang padanya, bersihkan diri dulu sebelum memeluk!

Rasa rindu karena meninggalkan bayi atau balita Anda seharian memang besar dan ingin segera dibayar dengan bermain bersamanya segera setelah pulang dari kantor. Tapi, jangan abaikan kebersihan diri, terutama setelah berada di kantor, di kendaraan umum atau bertemu dengan banyak orang di luar rumah.

Paling tidak, cucilah tangan Anda dan ganti pakaian sebelum bermain dengan bayi atau balita Anda. Karena kuman penyakit dan virus tidak hanya berasal dari jalanan yang berdebu, tapi juga dari benda-benda atau lingkungan yang tidak kita sangka sebelumnya!

Inilah secuil alasan mengapa Anda harus segera membersihkan diri dan mengganti pakaian sepulang kerja:
  • Tahukah Anda, bahwa pada kulit manusia terdapat 182 spesies bakteri liar. Beberapa di antaranya telah hidup secara permanen dan bermanfaat, sedangkan sisanya hanya singgah sebentar di tubuh manusia dan bisa menimbulkan penyakit.
  • Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa telapak tangan wanita ternyata mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan telapak tangan pria.
  • Tempat lain yang ternyata penuh dengan bakteri adalah keyboard komputer! Seringkali keyboard luput dari perhatian dan jarang dibersihkan. Boleh jadi permukaan atas keyboard tampak besih, namun di bawah tombol-tombolnya tersimpan berbagai sumber penyakit.

Yuk, kita ajarkan kebersihan kepada anak dengan memulainya dari diri kita terlebih dahulu. Dan, tentu saja, ini salah satu cara bijak melindung anak tertular penyakit yang tak sengaja kita bawa.

 



Artikel Rekomendasi