Jadi Konsumen Cerdas di Puskesmas

 

Puskesmas yang kerap dituduh memberikan pelayanan kesehatan yang kurang memadai, kini pendapat tersebut mulai memudar. Hal ini karena pelayanan Puskesmas Percontohan yang semakin berkualitas. Namun, Anda tetap perlu menjadi konsumen yang cerdas -mau aktif bertanya dan mencari tahu tentang informasi yang dibutuhkan- adalah kunci menjadi pengguna puskesmas.

“Dari sisi pelayanan, saya merasa puas karena saya bisa melihat sendiri apa yang dilakukan bidan kepada anak saya. Jadi, saya tidak perlu khawatir ada kesalahan, selama saya mau kritis bertanya. Memang terkesan lebih repot, kita harus lebih tahu banyak informasi sebelum berobat. Namun, justru karena kami tidak mau asal ‘terima beres’ seperti yang mungkin sering terjadi di rumah sakit swasta dengan segala pelayanannya,” kata Prameshwari Sugiri, Wakil Pemimpin Redaksi sebuah majalah remaja yang akrab dipanggil Imesh.

Kepuasaannya dengan pelayanan puskesmas, membuat ibu satu anak ini akhirnya datang kembali ke puskesmas. Bahkan,  ia sempat juga memeriksakan darah orangtuanya. Dan hasilnya, baik sekali. Ini membuatnya tidak malu dan ragu untuk memberitahu rekan kerjanya sesama kalangan menengah ke atas untuk menggunakan fasilitas puskesmas.

“Karena setelah dipikir-pikir, selama ini ‘biaya kenyamanan’ yang saya bayar di rumah sakit swasta, lebih banyak saya yang menikmatinya  daripada anak saya. Padahal dari sisi mutu kesehatan, puskesmas juga sebaik rumah sakit swasta.”

Andaipun sampai sekarang Imesh masih berobat ke dokter pribadinya, yang pastinya lebih mahal daripada biaya berobat ke puskesmas, itu lebih karena alasan personal. Jasa yang diberikan dokter pribadinya, seperti konsultasi lewat email, atau lewat bbm (blackberry messenger) jadi faktor kuat Imesh. “Dokter pribadiku rajin menjawab email seputar masalah kesehatan anakku. Dokter lain belum tentu mau.” Bagaimana dengan Anda?

Di mana saja Puskesmas Percontohan di Jakarta? Berikut alamatnya

Puskesmas Kebon Jeruk
Jl. Raya Kebon Jeruk No. 2 Kebon Jeruk. Jakarta Barat Telepon: +62-21-5482367

Puskesmas Pasar Minggu
Jl. Kebagusan Raya RT 004/04 - Jakarta Selatan 12520, Telepon : 021-7811265

Puskesmas Johar Baru
Jl. Tanah Tinggi 8 - Jakarta Pusat 10540, Telepon : +62214246359, +62214244277

Puskesmas Duren Sawit
Jl. Haji Dogol (Samping SMUN 71) Jakarta Timur 13440, Telepon : +622186601065

Puskesmas Cilincing
Jl. Kebantenan 4 - Jakarta Utara 14130, Telepon : +62214412889

 



Artikel Rekomendasi