Jangan Minum Susu Mentah!

 

Sebelum dikonsumsi, susu hewan harus mengalami proses pasteurisasi.Yaitu, sterilisasi dengan cara pemanasan pada suhu 61ºC selama 30 menituntuk membunuh bakteri penyebab penyakit dan perusak, yang terdapat didalam susu. Bakteri yang mati oleh proses pasteurisasi:
  • Salmonella,bisa bercokol di fese atau kotoran. Bakteri ini bisa saja berpindah kebulu binatang atau putting susunya. Penyakit yang timbul akibat bakteriini adalah mulas dan diare.
  • Listeria monocytogenes,mikroorganisme yang biasa hidup di tanah. Bila masuk ke dalam tubuhmanusia, bisa mengakibatkan sakit yang serius. Pada ibu hamil,mikriorganisma ini bisa membunuh bayi sesaat setelah lahir.
  • Yersinia enterocolitica,yaitu organisme yang terdapat pada makanan seperti dudu ternak dankeju. Organisme ini hidup di air dan mata air. Bakteri ini menimbulkanpenyakit yang gejalanya mirip apendisitis (radang usus buntu).
  • Campyolobacter jejuni,terdapat pad asusu dan daging. Bakteri ini penyebab sakit dengangejalan mulas, diare, diare disertai darah, dan kram. Terdapat padakotoran anjing, kucing, domba, ternak lain dan pekannya.
  • Staphylococcus aureus,bakteri penyebab radang pada kelenjar susu pada ternak, bisa masuk kesusu dari kelenjar susu sampai putting. Bakteri ini menghasilkan racunpenyebab mulas dan diare.
  • E-coli (Escherichiacoli 0157:H7), bakteri penyebab diare.
Baca juga:
Kandungan Nutrisi Segelas Susu Ibu Hamil
Kenali Gejala Alergi Susu Sapi
Cermat Pilih Susu Formula
Kandungan Susu Soya
Tips Memastikan Kesegaran Susu

 



Artikel Rekomendasi