Kenali Penyebab Penyakit

 

Apakah semua  penyakit harus diatasi dengan antibiotik? Tentu tidak. Bunda dan ayah, sikapi pemberian antibiotik pada bayi Anda secara cerdas. Kenalan dengan antibiotik, putuskan apakah Anda rela bayi Anda diberi antibiotik untuk penyakit yang bisa sembuh sendiri. Karena tidak semua penyakit disebabkan oleh bakteri. Yuk, kenalan dengan penyebab penyakit.
  1. Bakteri adalah makhluk hidup kecil atau  mikroorganisme bersel satu.  Sifatnya sebagai mahkluk hidup, yang bisa berkembang biak dengan cara membelah diri. Semua benda dimanapun terpapar bakteri atau kuman. Udara, mainan anak, piring makan, selimut, tidak bebas kuman. Di dunia ini banyak sekali bakteri, dan sebagian besarnya adalah bakteri baik, terutama yang menghuni saluran cerna kita, mulai dari mulut, usus, sampai dengan lubang pelepasan (anus). Di dalam  usus, bakteri baik akan mengubah bahan makanan menjadi nutrisi , membentuk vitamin K, serta merupakan bagian dari benteng pertahanan tubuh kita. Bakteri jahat hanya 2% saja. Beberapa jenis makanan bahkan dibentuk oleh bakteri baik, misalnya tempe, tape, oncom, keju, yoghurt. Kalaupun tubuh bayi Anda kemasukan kuman jahat atau bakteri jahat, belum tentu jatuh sakit. Yang jelas umumnya justru tubuh akan membentuk antibody sehingga bisa melawan si kuman.  Beberapa penyakit akibat bakteri jahat antara lain: Diare disertai darah, ISK atau Infeksi Saluran Kemih, Tifus, Meningitis bakteri, TBC. Antibiotik dapat membunuh bakteri penyebab penyakit-penyakit infeksi tersebut.  Bisul, meski disebabkan oleh bakteri tetapi tidak perlu diobati dengan antibiotik.
  2. Virus jauh Lebih kecil dari bakteri, berkembang biak dengan cara menumpang di sel tubuh kita.  Berkembang biaknya dengan cara menumpang pada sel hidup, sifatnya parasit. Sehingga di luar tubuh kita, virus tidak dapat berkembang biak.  Penyakit yang disebabkan oleh virus antara lain: Batuk (batuk sebenarnya bukan penyakit, tapi refleks untuk membersihkan saluran napas), Diare cair yang disertai muntah-muntah sampai dengan dehidrasi, Pilek dengan slem cair dan kental atau kehijauan sekalipun, sebagian besar demam, radang tenggorokan, sebagian besar Penyakit saluran napas atas, Cacar air, hepatitis, Sinusitis, Diare dengan muntah atau tanpa muntah, Bronchitis akut, HIV.

Penyakit-penyakit akibat virus tidak dapat diobati dengan obat apapun termasuk antibiotik, karena virus tidak dapat dibunuh. Yang bisa membasmi virus adalah sistem kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh. Jadi, diobati atau tidak, penyakit akibat virus akan sembuh sendiri. Konsumsi antibiotik untuk penyakit infeksi virus akan membuat resisten antibiotik terhadap infeksi selanjutnya. (me)

Baca juga: Cara Kerja Antibiotik

 



Artikel Rekomendasi