Kiat Memilih dan Menyimpan Jambu Biji

 

Kandungan vitamin C pada jambu biji yang empat kali lipat ketimbang jeruk, memang sangat bermanfaat dikonsumsi. Untuk memilih dan cara menyimpan jambu biji, simak kiat berikut.

Jika Anda membeli jambu biji, pilihlah sesuai kebutuhan. Kalau akan segera dimakan,    tentunya beli jambu biji yang sudah matang dan empuk buahnya. Namun, jika membeli dalam jumlah yang relatif banyak dan akan disimpan, maka belilah jambu biji yang sudah tua tetapi masih keras dan berwarna hijau. Pada kondisi seperti ini, buah jambu biji tahan disimpan dalam lemari es selama lebih dari 1 minggu.  

Jika akan dikonsumsi atau diolah lebih lanjut, jambu biji perlu dikeluarkan dari lemari es dan ditaruh di suhu kamar selama 1-5 hari sampai diperoleh jambu dengan tekstur empuk dan matang. Jika Anda tidak menghendaki jambu yang matang, maka bisa diambil langsung dari lemari es tanpa perlu harus ditaruh dalam suhu kamar terlebih dulu.

Jika sudah mencapai matang, jambu biji hanya akan bertahan satu sampai sua hari saja.      Salah satu cara untuk memanfatkan jambu biji yang sudah matang; atau terlalu matang, adalah dengan cara melumatkan menjadi bubur atau puree  (bisa digunakan blender ), lalu simpan dalam freezer.  Bubur  jambu biji bisa digunakan sebagai bahan untuk minuman dan dicampur dengan yoghurt atau minuman lainnya.
 
 
Foto/P Hardi Subiantoro - Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi