Madu, Kaya Antioksidan

 

Sejak dulu madu dikenal sebagai “obat” karena punya kandungan senyawa-senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan. Sebuah tim riset di Madrid, Spanyol, menemukan khasiat lain madu. Ternyata, madu mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi,

Khasiat tersembunyi madu itu khususnya terdapat pada jenis madu honeydew, yakni madu yang dibuat lebah dari kumpulan cairan gula pada tanaman yang ditinggalkan serangga pengisap nektar lain. Honeydew ini warnanya lebih gelap dari madu biasa.

Dalam riset tersebut, diteliti 36 jenis madu, antara lain madu yang dihasilkan dari nektar bunga yang sedang mekar, dan madu jenis honeydew. Hasilnya, madu honeydew yang hanya terdapat di beberapa wilayah di seluruh dunia ini, terbukti mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan madu biasa.

Selain itu, madu honeydew di Spanyol kebetulan termasuk golongan yang tinggi kadar antioksidannya, dan warnanya lebih gelap, serta rasanya lebih asam dibandingkan yang terdapat di Amerika Serikat. Namun, kita juga tidak perlu berlebihan dalam mengonsumsi madu sekali pun terbukti berkhasiat. Karena mengandung gula sebanyak 80%!

 



Artikel Rekomendasi