Pilih, Olah dan Simpan Bayam

 

Bayam mengadung vitamin A, B6, C, K (agar darah tidak membeku, untuk tulang sehat). Juga mengandung serat, zat besi, lutein (mencegah katarak), asam folat, dan magnesium yang mencegah anemia, membantu mencegah bayi lahir cacat dan penyakit jantung.

Memilih: Pilih yang masih muda, warna daun dan batangnya hijau cerah, daunnya utuh dan segar. Banyak varietasnya, termasuk bayam mini (baby spinach).
Masa panen: 20–30 hari.

Menyimpan: Hanya tahan simpan maksimal 2 hari dalam kulkas. Bungkus dengan kertas dapur, masukkan ke kantong plastik, simpan di kulkas. Jangan cuci jika akan disimpan.

Ide sajian: Senjata pamungkas tokoh kartun Popeye ini harus habis dalam sekali santap, tidak dapat dipanaskan ulang karena zat besinya berubah sifat jadi racun. Ambil daun dan batangnya yang benar-benar muda. Jika tak suka tampilan bayam utuh, bisa dibuat saus pesto (saus hijau dari dedaunan; pesto asli dibuat dari daun basil) untuk spagheti atau makaroni. Bisa dibuat sup krim bayam dan bakso. Padukan dengan tomat atau jeruk lemon agar kandungan zat besinya mudah diserap tubuh. (me)

Resep bayam:
- Tumis Bayam Wijen
- Tim Makaroni Bayam
- Bubur Bayam Ayam Cincang
- Skotel Bayam Kroket

Foto/P Hardi Subiantoro - Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi