Sehatnya Dipping

 

Anak akan senang mencelupkan makanan yang mudah digenggam tangan ke dalam dipping alias celupan. Sayuran yang memiliki rasa hambar bisa berubah rasanya menjadi manis atau gurih! Lewat Dipping, anak juga bisa belajar tentang warna, tekstur, bentuk dan rasa. Selain menyenangkan, makanan yang dicelupkan ke dalam dipping bisa menambahkan nilai gizinya. Dipping bisa memberikan tambahan hingga 80 kilo kalori.

Tips membuat Dipping
Agar dipping yang Anda buat tetap sehat:
  • Pilih bahan dasar yang juga berasal dari bahan-bahan makanan yang sehat.
  • Bagi balita yang gemar makan, pilih bahan dipping dari buah-buahan atau yogurt yang memiliki kandungan kalori rendah. Yogurt bisa dijadikan bahan dasar yang ditambah madu atau pure buah.
  • Pastikan juga bahan pembuat dipping bukan berasal dari bahan yang hanya sedikit memiliki gizi seperti gula.
Beberapa bahan dasar yang bisa Anda gunakan untuk dipping antara lain: yogurt, mayones, kacang kedelai yang dihaluskan, coklat, avokad, keju, kacang (kacang kenari dan kacang almond), tomat, atau selai buah.

Apa saja yang bisa dicelupkan?
Makanan yang bisa dicelupkan ke dalam dipping bisa beraneka macam. Misalnya, finger food seperti pisang potong, mangga, melon, stroberi, anggur atau sayuran rebus seperti kentang, buncis, labu siam, wortel. Anda bisa juga mencoba crackers tawar, sandwich, maupun sate sayur, yang dipotong menjadi aneka bentuk lucu.

Penyajian dan penyimpanan
Dipping yang biasanya dibuat dari campuran beberapa bahan makanan biasanya tidak bisa tahan lama. Jika Anda membuat dipping dari yogurt atau mayones sebaiknya hanya untuk sekali makan. Sedangkan  yang terbuat dari bahan coklat, keju, buah atau tomat bisa Anda simpan 1-2 hari dengan cara menyimpannya dalam wadah yang tertutup di dalam kulkas.   

Dalam menyajikan dipping, tempatkan dalam wadah kecil sekali habis untuk menghindari kontaminasi yang bisa terjadi akibat mencelupkan makanan yang sudah digigit ke dalam dipping yang akan dimakan lagi di lain waktu. Perlu dicermati juga untuk membuang sisa dipping yang sudah terkena air liur.

Pilihan Dipping:
  1. Humus kedelai. Haluskan 100 gram kedelai putih, tambahkan mayones, minyak zaitun, bawang putih bubuk, garam dan sedikit lada.
  2. Keju bayam. Campur  mayones dengan potongan bacon, bayam, dan keju. Masak hingga keju meleleh.
  3. Mexicorn. Campur mayones, jagung pipil, keju, garam dan lada. Masak hingga jagung matang dan keju meleleh.
  4. Saus bawang. Campur 1 siung bawang putih yang sudah dicincang halus, minyak zaitun, yogurt, mayones, mustard, garam dan lada.
  5. Coklat. Lelehkan coklat batang
  6. Saus almond. Campur gula merah, air, mentega dan almond yang sudah dihaluskan. Aduk rata.

 



Artikel Rekomendasi