Tips Mengolah Kentang

 

Untuk bayi yang baru mulai mencoba makanan padatnya, kentang yang dihaluskan merupakan pilihan tepat. Namun, bagaimana caranya agar kandungan gizinya tetap terjaga selama pengolahan?
  • Usahakan untuk tetap menjaga kandungan gizi yang terdapat dalam kentang ketika pengolahannya. Caranya, dengan merebus kentang secara keseluruhan. Mengapa? Dengan memotong kentang terlebih dahulu sebelum di rebus akan menghilangkan kandungan potassiumnya sebanyak 50 persen. Padahal potassium dapat membantu tubuh Anda mengatur tingkat tekanan darah dan jantung, sama halnya terhadap fungsi saraf dan otot.
  • Memang, merebus kentang secara keseluruhan memakan waktu sedikit lebih lama. Tapi hasilnya, Anda tidak hanya mendapatkan potassium lebih banyak, tetapi juga beberapa mineral penting lainnya, seperti magnesium, mangan, fosfor, besi, dan zinc. Selain dengan merebusnya, cara lain agar kandungan potassium tetap terjaga antara lain dengan dipanggang, bakar, atau dimasak dengan microwave seluruh kentang.
  • Simpan dan letakkan kentang di tempat yang sejuk dan gelap.
  • Bila menemukan lapisan kehijauan pada kentang, buang saat mengupas.
  • Jangan merendam kentang dalam air rebusannya. Buanglah air rebusan setelah dimasak.

Hindari Kentang Hijau. Kentang yang dipanen terlalu dini atau terlalu banyak mendapat sinar matahari, kulitnya berwarna kehijauan. Warna hijau berasal dari solanin, yaitu sejenis senyawa alkaloid yang bersifat racun. Bila kentang kehijauan ini dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan sakit perut, buang-buang air, dan sakit kepala. (me)

Resep berbahan dasar kentang:

 



Artikel Rekomendasi