5 Pos Penting di Awal Tahun

 

Awal tahun harus menjadi tonggak untuk memulai pengaturan keuangan yang lebih sehat. Ada 5 pos penting yang harus Anda jadikan prioritas.
  1. Pos Dana Darurat. Pastikan Anda memiliki jumlah dana darurat yang ideal. Contohnya, jumlah dana ideal untuk keluarga dengan dua orang anak besarnya minimal 6 x pengeluaran rutin bulanan. Apabila pengeluaran rutin bulanan Anda Rp. 5 juta, maka jumlah dana darurat minimal Rp. 30 juta yang disimpan di rekening terpisah.
  2. Pos Utang Rumah. Saldo utang cicilan rumah seharusnya akan berkurang dibandingkan tahun lalu. Periksa laporan debit utang Anda untuk mengetahui bila ada kenaikan suku bunga.
  3. Pos Utang Kartu Kredit. Bila Anda masih memiliki hutang kartu kredit, lunasi semua sisa tagihan dengan dana dari kaso bonus. Hentikan penggunaan kartu kredit dan ganti dengan kartu debit.
  4. Pos Investasi. Periksa besarnya asset investasi Anda. Idealnya pada awal tahun ini ada penambahan 10% dari awal tahun lalu. Jika tahun lalu asset Anda sebesar Rp. 10 juta, misalnya, maka awal tahun 2014 ini aset Anda minimal telah menjadi Rp. 11 juta.
  5. Pos Asuransi. Periksa polis asuransi jiwa yang Anda miliki saat ini dan periksa besar uang pertanggungannya. Jumlahnya harus mencukupi kebutuhan keluarga Anda.

Sumber: Prita H. Ghozie, SE, MCOM, ZAP Finance

 



Artikel Rekomendasi