Berapa besar cicilan KPR?

 

Lewat kredit pemilikan rumah (KPR) Anda bisa kok memiliki rumah idaman. Namun, dengan banyaknya pengeluaran, sebaiknya berapa besar cicilan KPR dalam sebulan?

Menurut perencana keuangan Ligwina Hananto, total cicilan bulanan sebaiknya kurang dari dari 30% dari Penghasilan Bulanan. Jadi, hati-hati memilih cicilan. Total cicilan ini bukan hanya cicilan rumah, tetapi juga cicilan lain, seperti mobil atau bahkan cicilan barang elektronik dan keperluan dapur.

Bila sudah membayar cicilan yang besar seperti KPR sebaiknya tidak membayar cicilan lain yang terlalu besar, misalnya cicilan kendaraan. Tidak masuk akal jika memaksakan diri mencicil segala macam padahal tidak mampu membayarkannya.

Selalu ingat bahwa meminjam uang datang dengan tanggung jawab yang sangat besar untuk mengembalikannya!

Mengotrak vs mencicil rumah

Semua tergantung kondisi keuangan Anda. Tentu saja lebih baik memiliki rumah sendiri daripada mengontrak rumah. Tetapi, jangan gegabah. Bila Anda membeli rumah, Anda harus tahu ini adalah komitmen jangka panjang.

Mitos kontrak rumah itu boros adalah tidak benar. Bagaimana pun juga, perlu kita lihat kemampuan setiap keluarga untuk bisa membeli rumah. Jika dipaksakan lalu tidak betah, rumah bukanlah sebuah barang yang dapat dijual dengan mudah dalam jangka waktu pendek.

 



Artikel Rekomendasi