Kenali Produk Tabungan Anda

 

Sebelum memutuskan untuk memiliki rekening tabungan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.
  • Bunga yang diberikan oleh produk tabungan per tahun besarnya sekitar 2%. Secara keseluruhan produk perbankan akan dikenai pajak final sebesar 20%.
  • Tidak perlu merasa rugi untuk membuka lebih dari 1 rekening tabungan, asalkan masing-masing direncanakan sejak awal untuk tujuan yang jelas. Misalnya, tabungan A untuk dana darurat, tabungan B untuk pengeluaran tahunan, dan tabungan C untuk pengeluaran sehari-hari.
  • Biaya administrasi masing-masing rekening tabungan maksimal hanya Rp. 100.000,-. Bila Anda memiliki 5 tabungan, berarti biaya administrasi maksimal adalah Rp. 500.000,-. Namun, biaya administrasi ini dapat Anda siasati dengan memilih produk tabungan yang tepat. Misalnya, produk TABUNGANKU yang merupakan produk program Pemerintah, dan tidak dikenai biaya biaya administrasi sama sekali. Bahkan, bila saldo tabungan Anda minum. Setoran awalnya pun sangat murah, hanya Rp. 20.000,-
  • Jangan mudah tergiur oleh produk tabungan yang memberikan iming-iming hadiah. Sebab, ini Anda akan terikat untuk jangka waktu tertentu dan tidak dapat Anda hentikan sebelum selesai masa kontrak. Kalau tidak Anda akan dikenakan biaya denda atau penalti. Buatlah tujuan dari setiap rekening Anda, gunakan ini sebagai bekal sebelum Anda memuka rekening baru. (me)
Baca juga:
Balita Memiliki Tabungan Di Bank
Mengatur Pos Pengeluaran dan Tabungan
Tabungan vs Asuransi Pendidikan

 



Artikel Rekomendasi