Siasat Jitu Keuangan Keluarga

 

Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) pasti akan membuat kenaikan harga barang secara umum yang berdampak terhadap keuangan rumah tangga. Ini dia cara menyiasatinya:

1. Atur ulang rencana pengeluaran. Berbeda dengan anggaran, rencana pengeluaran bersifat lebih fleksibel dan harus diterapkan setiap bulan. Alokasi pengaturan keuangan dilakukan dengan konsep 50% untuk biaya hidup, 30% untuk tabungan + dana darurat + investasi, dan 20% untuk gaya hidup.

2. Bayar tunai atau gunakan e-money. Untuk keperluan belanja bulanan dan belanja rutin, lupakan penggunaaan kartu kredit. Dengan membiasakan diri bayar tunai atau pakai kartu prabayar, Anda akan dipaksa untuk mengatur pengeluaran sesuai kemampuan finansial.

3. Hemat energi. Gunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi untuk mengurangi penggunaan listrik, air, dan plastik.

4. Beri bayi Anda ASI. Pemberian ASI untuk 24 bulan pertama usia anak dijamin akan menghemat pengeluaran rumah tangga hingga 10% setiap bulan. Baca riset Matematika ASI sebagai panduan.

5. Mengatur menu makanan bulanan. Porsi terbesar dalam pengeluaran bulanan adalah untuk pos makanan. Rencanakan pembelian bahan makanan, terutama yang mudah busuk agar sesuai dengan kebutuhan.

 



Artikel Rekomendasi