Balita Peniru Ulung Perilaku Kita

 

Balita serius merekam percakapan ibu dan ayahnya, yang kemudian ia ucapkan pada Anda atau orang di sekelilingnya.  Untuk itu, hati-hati bicara di depan balita, karena ia penyimak dan peniru jempolan.

Biar belum bicara, tapi soal menyimak omongan orang, balita jagonya. Jangan heran, jika apa yang Anda katakan dan lakukan kemudian ditirunya, persis!

Meniru hasil pengamatan. Melalui pengamatan terhadap orang-orang di sekelilingnya, ia terus mengembangkan ketrampilan bicara. Selain mengamati cara orang bicara, balita mengamati juga cara orang berperilaku. Misalnya, kebiasaan Anda mengangat kaki di atas meja ketika duduk, dia pun bisa menirunya.

Pilih-pilih kata dan perilaku. Dunia di sekelilingnya adalah sasaran untuk dieksplorasi sepuas-puasnya. Didukung perkembangannya berpikir, balita senang menyimak keajdian-kejadian yang dilihat dan dirasakannya. Matanya adalah pengamat yang tajam dan telilti. Otaknya bagai perekam yang canggih menyimpan segala gambar. Jadi, bagi Anda hati-hati berperilaku dan berkata-kata. Balita belajar lewat meniru dari apa yang diamati. Kata-kata Anda terpantul pada Anda lewat kata dna perilaku buah hati Anda. Karenanya, pilihan kata-kata yang tepat, membantu balita membantu pola pikir yang baik.

Baca juga:
Merangsang Balita Bicara

 



Artikel Rekomendasi

post4

Intuisi Ibu: Natural atau Bisa Diasah?

Calon ibu terkadang dihinggapi rasa ketakutan akan kemampuan dirinya sendiri dalam merawat anak. Beberapa ibu pun meragukan dirinya memiliki intuisi. Benarkah intuisi terjadi alami atau harus diasah?... read more