Di Rumah Juga Perlu Profesional

 

Agar suasana di rumah harmonis, seorang ibu juga harus bersikap profesional seperti halnya di kantor. Apa kuncinya?

Agar suasana di rumah dan di kantor oke, satu hal yang Anda perlukan adalah pengelolaan diri. Sikap profesional sangat diperlukan dalam pengelolaan diri di rumah maupun di kantor.

Seorang ibu, harus tahu bagaimana memberikan waktu secukupnya yang diperlukan anak dan kasih sayang sebanyak yang diperlukan anak. Namun ia juga harus menjalankan profesinya secara profesional. Meski menjalankan dua peran sekaligus pasti memiliki kekurangan, namun keduanya perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh. Eileen mengkritik sikap ibu bekerja yang cengeng. Misalnya, enggan mengerjakan suatu tugas kantor karena alasan kondisi di rumah yang terbengkalai namun, sebenarnya, lebih karena ketidakterampilannya mengelola peran.

Bagaimana sikap ibu rumah tangga yang profesional? Disinilah pentingnya orang tua menguasai network keluarga maupun lingkungan. Orang tua perlu menentukan pada siapa dan mempertimbangkan sejauh mana keamanan anak bila dititipkan pada keluarga atau pengasuh.

Misalnya, bila orang tua tidak bisa dititipi anak, maka bisa menitipkan si kecil pada tante jauh atau ibu yang senang anak kecil. Atau, bila harus merekrut pengasuh, perlu diketahui referensinya untuk alasan keamanan dibanding bila mendapatkan dari yayasan yang tidak diketahui asal-usulnya.

Tak cuma soal memberikan kualitas waktu bagi anak, profesionalitas ibu bekerja juga menyangkut pernak-pernik rumah tangga. Misalnya, apakah daftar belanja sudah lengkap sehingga tak sampai kehabisan barang? Apakah bisa mengelola keuangan agar belanja cukup? dan juga kemampuan mengelola waktu.

Namun, apa pun bentuknya, kunci sukses berperan sebagai profesional di kantor dan sebagai orang tua di rumah mutlak di tangan Anda. Meski sebagian besar waktu Anda habiskan untuk bekerja dan dalam perjalanan, anak tetap dapat tumbuh sehat karena selalu merasakan kasih sayang Anda.

 



Artikel Rekomendasi