Efektifkan Jam Istirahat Siang

 

Waktu istirahat kantor bisa Anda gunakan sebagai kesempatan mengurus anak dan rumah. Juga mengurus diri sendiri sehingga Anda makin fresh

Bekerja dan menjadi ibu bukanlah pekerjaan mudah. Maka Anda mesti jago memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Lunchtime, yang sekitar setengah hingga satu jam, dapat berarti banyak bila Anda pandai mengelolanya.

Jam istirahat, selain bisa membuat Anda kembali fresh, juga dapat Anda manfaatkan untuk membereskan pekerjaan Anda sebagai ibu dan nyonya rumah yang belum terpegang betul hari itu.

Kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan?
  • Menelepon. Saat jam istirahat siang, Anda dapat menelepon ke rumah untuk menanyakan apa yang dilakukan anak di sekolah, dan kegiatan apa yang kini tengah ia jalankan. Anda pun bisa mengawasi makan siangnya dengan langsung menanyakan pada anak atau pengasuhnya. Tentu si pengasuh perlu pula Anda absen untuk memastikan apakah ada urusan rumah yang terhambat.
  • Membuat perencanaan. Ada arisan keluarga atau harus memasak sesuatu untuk kelas anak di akhir minggu? Saat istirahat siang ini dapat Anda gunakan untuk membuat perencanaan apa saja yang harus Anda beli atau lakukan untuk acara tersebut. Anda juga dapat membuat perencanaan mengenai masakan rumah untuk esok hari, kegiatan yang dapat dilakukan anak atau rencana jalan-jalan di akhir pekan.
  • Berbelanja. Terkadang berbelanja bersama keluarga atau mengajak si balita malah membuat repot. Jika memungkinkan, misalnya kantor Anda dekat lokasi supermarket, Anda dapat menggunakan waktu istirahat untuk berbelanja keperluan yang kurang di minggu ini. Dengan begitu, di sore hari Anda tidak perlu mampir ke toko dan dapat lebih cepat sampai di rumah.
  • Bergaul. Bila sebelum menikah Anda masih dapat bercengkerama bersama teman-teman selepas jam kantor, kini kegiatan ini jarang sekali Anda lakukan. Waktu istirahat siang dapat Anda gunakan untuk bercengkerama bersama mereka sambil makan siang atau berbelanja bersama.
  • Merawat diri. Menjadi ibu bekerja bukan berarti kehilangan waktu untuk merawat diri. Lebih tenang memang merawat diri seusai jam kantor, saat libur atau di akhir perkan. Namun sesekali melakukannya di waktu istirahat siang bisa Anda jadwalkan, sehingga akhir pekan atau saat libur full untuk keluarga. Pilih perawatan yang tidak perlu waktu lama agar Anda tak terlambat kembali ke kantor. Pilih juga salon dekat kantor agar waktu tak tersita untuk di perjalanan. Tentu Anda perlu menunda rencana memanjakan diri ini bila salon yang akan Anda kunjungi ramai.
     

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mandiri Sebagai Single Parent

Para orangtua tunggal adalah individu yang melakukan tugas ganda, baik sebagai ayah dan ibu. Namun hidup tanpa pasangan tidak harus membuat hidup menjadi kelam. Anda pun bisa menjadi orangtua tunggal ... read more