Hidup dalam Dua Peran

 

Untuk menyeimbangkan diri dalam dunia kerja dan mengurus rumah tangga, bunda seharusnya merasa happy menjalankan keduanya yang penuh dinamika. Kuncinya, organisasi diri dan sikap rasional. Berikut triknya:
  • Secara berkala evaluasi diri: apakah prioritas hidup saya? Apakah anak, keluarga, pekerjaan atau diri sendiri? Buatlah daftar yang mengurutkan hal terpenting sebagai nomor 1, 2 dan seterusnya.
  • Tentu tujuan dari pilihan Anda menjadi ibu bekerja: apakah saya bekerja demi penghasilan tambahan, atau karena pekerjaan yang menarik, atau semata-mata aktualisasi diri? Buatlah daftar tujuan dan urutkan sesuai prioritas Anda.
  • Buat daftar target berdasarkan tujuan Anda sebagai ibu dan karyawati atau pebisnis, ini bisa dibuat dalam dua kolom berbeda. Tambahkan keterangan perihal waktu tenggatnya. Rinci target dalam tugas-tugas sederhana agar dapat diselesaikan secara mencicil.
Tentu saja, organisasi diri saja tak cukup. Karena hidup adalah seni! Lengkapi derap langkah tegar Anda dengan sentuhan keibuan, kerjasama serta komunikasi dengan pasangan dan lingkungan sekitar Anda, termasuk lingkungan kerja atau jejaring lain seperti komunitas milis, plus sikap fleksibel.

Untuk yang terakhir disebutkan, sama artinya dengan tak bersikap terlalu keras terhadap diri sendiri. Bukankah, tujuan hidup ini untuk dinikmati?!

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pilih Rapat atau Temani Anak Sakit?

Sebagai ibu bekerja Anda pasti sering dihadapkan pada dilema antara menghadiri rapat penting dan membawa anak yang sakit ke dokter. Bila Anda memilih absen dari rapat, Anda bisa dianggap tidak profesi... read more