Ibu Tugas Ke Luar Kota

 

Pendelegasian dan perencanaan yang baik, membuat Anda merasa nyaman meninggalkan rumah dan kantor, ketika ditugaskan ke luar kota.

Pekerjaan tak jarang membuat ibu harus melakukan perjalanan dinas ke luar kota dan meninggalkan si kecil di rumah. Jika situasi ini terjadi pada Anda, Anda perlu memperhitungkan dengan matang, lama perjalanan dinas, sehingga Anda dapat mendelegasikan tugas-tugas di kantor dan di rumah dengan baik.

Pendelegasian. Di kantor, Anda dapat mendelegasikan tugas-tugas Anda kepada rekan kerja. Berikan catatan apa-apa saja yang harus dilakukan dan dengan siapa saja rekan kerja akan berhubungan. Jika pada saat Anda dinas ke luar kota, Anda mempunyai janji bertemu dengan klien, minta klien untuk memundurkan waktu pertemuan, jika tidak bisa, ajukan kepada klien nama rekan pengganti yang dapat menemui klien tersebut. Delegasikan tugas minimal 1 minggu sebelum hari H, agar perpindahan tugas dapat berjalan dengan baik.

Di rumah, Anda dapat mendelegasikan tugas kepada suami, pengasuh ataupun nenek si kecil. Siapkan catatan untuk suami (membacakan cerita sebelum tidur, membuatkan susu di malam hari, dan lainnya), catatan untuk pengasuh (menu si kecil dan keluarga, jadwal tidur si kecil dan lain-lain) dan catatan untuk nenek (membantu mengawasi rumah dan si kecil). Anda dapat menitipkan uang belanja kepada nenek untuk di kelola selama Anda tidak ada.

Perencanaan. Rencanakan perjalanan dinas dengan baik. Atur waktu pertemuan jauh hari jika di luar kota Anda akan menemui klien. Jangan lupa untuk memesan tiket maksimal 2 minggu sebelum hari keberangkatan. Gunakan checklist untuk melihat hal-hal apa saja yang sudah ataupun belum dilakukan, untuk memastikan tidak ada yang tertinggal. Dan siapkan baju yang sesuai dengan keadaan di kota yang akan di tuju

Jelaskan kepada anak. Katakan kepada anak, Anda tidak ada di rumah untuk beberapa hari. Beritahu kapan Anda akan berangkat dan kapan Anda akan pulang. Jika si kecil masih belum mengerti, Anda dapat memberinya pemahaman lewat permainan ataupun dongeng. Katakan ia boleh menjemput Anda, misalnya, ketika Anda perlu dijemput di bandara atau di stasiun kereta.

Jangan lupa pula memantau keadaan rumah dari tempat Anda berdinas. Anda dapat menelepon orang yang Anda delegasikan mengurus rumah atau suami di waktu istirahat ataupun sore hari setelah pekerjaan Anda di tempat dinas selesai.

Dengan pendelegasian yang baik dan perencanaan yang matang, Anda tak perlu terlalu khawatir lagi apabila perlu melakukan perjalanan dinas ke luar kota.

 



Artikel Rekomendasi