Jika Pengasuh Anak Sakit

 

Pendelegasi pengasuhan anak mendadak butuh pemikiran ketika si pengasuh sakit. Bagaimana tuntas membereskan situasi ini?

Pengasuh anak membantu Anda merawat anak saat Anda menjalankan peran Anda sebagai pekerja. Ketenangan Anda menjalankan peran ganda ini bisa saja tiba-tiba goyah saat pengasuh anak sakit.

Berbagai pertanyaan menghantam benak Anda. Siapa yang akan menjaga anakku? Akankah pengasuh pengganti dapat menjalankan tugas seperti pengasuh yang biasa mengasuhnya? Cocok enggak ya anakku dengan pengasuh pengganti itu? Bagaimana dengan pengasuh yang sakit? Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Tetap di rumah. Bila menghadapi situasi pengasuh berhalangan merawat anak Anda, beberapa hal berikut dapat Anda pertimbangkan:
  • Mengambil cuti. Jika kondisi di tempat kerja memungkinkan untuk Anda tinggal, mintalah izin mengasuh anak di rumah. Di rumah, Anda bisa sekaligus memperhatikan pengasuh yang sakit. Jika Anda tidak memiliki hari cuti lagi, bicarakan dengan atasan kemungkinan Anda mengganti hari kerja itu di hari lain. Misalnya, di akhir minggu ketika pasangan dapat menjaga anak. Bisa juga Anda menambah waktu kerja di hari lain dengan bekerja lembur saat pengasuh sembuh.
  • Bekerja dari rumah. Di masa teknologi semakin maju, tidak sedikit pekerjaan dan tempat bekerja memungkinkan Anda bekerja dari rumah. Jika ini dapat menjadi pilihan, Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan sekaligus mengasuh anak di rumah.
  • Bergantian dengan pasangan. Jika tidak mungkin mengambil cuti, bergantianlah dengan pasangan untuk menjaga anak. Misalnya, di pagi hingga tengah hari Andalah yang menjaga anak. Pada siang hari, gantian suami yang mengasuh anak. Tentu, sesuaikan pembagian tugas ini dengan jadwal kerja Anda masing-masing.
Mencari pengasuh pengganti. Bila memutuskan mencari pengasuh pengganti, Anda dapat melakukan cara-cara berikut:
  • Menghubungi kerabat. Tanyakan orang tua atau famili Anda yang tinggal tidak terlalu jauh dari rumah atau kantor Anda, apakah mereka dapat menjaga anak sementara Anda bekerja.
  • Berbagi pengasuh. Jika memungkinkan, berbagi pengasuh dengan saudara atau sahabat yang tinggal dekat dengan tempat tinggal Anda dapat menjadi pilihan. Tentu, jika anak Anda sudah bisa melakukan beberapa hal sederhana sendiri, sehingga tidak membutuhkan perhatian penuh. Berilah si pengasuh uang tambahan seizin saudara atau sahabat Anda.
  • Menelepon agen . Jika pengasuh memerlukan waktu istirahat beberapa hari, segeralah hubungi agen tempat Anda mendapatkan si pengasuh. Mintalah pengasuh pengganti. Tindakan ini mengharuskan Anda mengeluarkan dana tambahan namun, setidaknya, Anda tenang meninggal anak

 



Artikel Rekomendasi

post4

Intuisi Ibu: Natural atau Bisa Diasah?

Calon ibu terkadang dihinggapi rasa ketakutan akan kemampuan dirinya sendiri dalam merawat anak. Beberapa ibu pun meragukan dirinya memiliki intuisi. Benarkah intuisi terjadi alami atau harus diasah?... read more