Kejutan, Awetkan Perkawinan

 

Sisipkan aneka kejutan penuh cinta, maka kebahagiaan perkawinan akan menghampiri Anda. Ayo buktikan!

Tahun pertama, masa penyesuaian. Di tahun pertama, Anda masih belajar untuk hidup berdua, dan tengah mempersiapkan diri belajar hidup bertiga, dengan kehadiran anak.

Tak ada salahnya di tahun pertama perkawinan ini, Anda berdua mulai belajar memupuk minat pada kegiatan yang sama. Tak perlu cemas bila dalam masa penyesuaian terjadi pertengkaran. Yang penting, temukan cara penyelesaian yang terbaik dan gunakan pengalaman yang didapat untuk menghadapi masalah serupa.

Meski di tahun pertama perkawinan ini Anda berdua masih meraba-raba ke mana kehidupan pernikahan ini akan berjalan, ada baiknya Anda dan pasangan mulai melihat jauh ke depan.

Tentukan rencana jangka pendek dan jangka panjang; dari jumlah anak yang diinginkan hingga merencanakan keuangan agar anak-anak kelak bisa bersekolah sampai ke jenjang tertinggi.

Tahun kedua, berkompromilah
. Memasuki tahun kedua, manisnya masa bulan madu berkurang. Pahitnya konflik akibat perbedaan sifat dan pendapat, mulai terasa. Anda mungkin sempat putus asa, mengapa pasangan jadi semakin menyebalkan?

Tak perlu buru-buru cemas dan berprasangka yang bukan-bukan. Meski belum bisa sepenuhnya menerima perbedaan itu, mulailah belajar saling berkompromi. Konflik biasanya timbul bila masing-masing Anda memiliki harapan dan aspirasi berbeda terhadap pasangan. Jadi, sedapat mungkin saling komunikasikan, apa yang Anda harapkan dari pasangan.

Di tahun kedua ini, umumnya Anda berdua sudah jadi ayah dan ibu. Berperan sekaligus sebagai ibu dan istri atau ayah dan suami memang tidak gampang. Istri yang sibuk mengurus anak, jadi sering lupa merawat suami, bahkan dirinya sendiri. Suami juga sering lupa memanjakan istri seperti waktu berpacaran. Karena, semua perhatian, waktu dan tenaga tercurah pada anak.

Jadi, jangan lengah! Meski disibukkan dengan peran-peran ini, tetap usahakan untuk memberi perhatian khusus pada pasangan. Bagaimanapun, setiap manusia butuh untuk merasa tetap dicintai. Ajak pasangan Anda untuk kencan setiap hari Jumat, misalnya. Pada saat itu Anda bisa nonton, main bowling, atau sekadar menikmati secangkir kopi di kafe.

Tapi yang lebih penting, pahami bahwa tak ada satu pun dari Anda yang bisa berubah total dalam waktu singkat. Ini akan meringankan hati Anda, membuat Anda lebih sabar, dalam menghadapi kelemahan-kelemahan pasangan. Tidak malah saling menyalahkan dan menyudutkan.
 

 



Artikel Rekomendasi