Saat Anak Bertanya Gaji

 

Menurut Stuart Ritter, Konsultan Keuangan asal Amerika Serikat, jika anak bertanya soal gaji Anda, bukan nominal yang ingin diketahuinya, tapi:

Tentang Uang

Seperti apa gaji bunda dan ayah, di mana disimpan dan dipakai untuk apa? Jujurlah padanya, katakan bahwa gaji Anda berupa uang yang disimpan di bank dan diambil dari ATM. 

Kepastian keamanan
Ketika ia bertanya, cukupkah uang kita? Terangkan padanya, ”Uang kita cukup untuk membeli makanan, pakaian, bayar sekolah, jalan-jalan dan menabung. Sewaktu Anda tidak ingin membelikan anak sesuatu, jangan berdalih ”Bunda sedang tidak punya uang” karena bisa menyebabkan ia merasa tidak aman atau insecure. Katakan saja ”Saat ini rencana keuangan kita tidak untuk membeli mainan baru.”

Cemburu pada teman

Mobil dan rumah temanku lebih bagus, kenapa? Anda tak perlu berkecil hati. Jelaskan pada anak, memang ada keluarga yang uangnya lebih banyak dari Anda –atau lebih sedikit. Perkenalkan anak pada konsep ”kebutuhan”, bahwa kebutuhan setiap keluarga berbeda.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Intuisi Ibu: Natural atau Bisa Diasah?

Calon ibu terkadang dihinggapi rasa ketakutan akan kemampuan dirinya sendiri dalam merawat anak. Beberapa ibu pun meragukan dirinya memiliki intuisi. Benarkah intuisi terjadi alami atau harus diasah?... read more