Saat Melahirkan, Bisa Saja Tak Sesuai Rencana

 

Harapan Anda, saat istri melahirka, bayi sehat dan istri pun selamat. Namun segalanya tidak selalu sesuai rencana....

Bila istri meninggal
  • Relakan kepergian istri dan yakinkan pada diri Anda, segalanya adalah takdir Sang Pencipta. Kehidupan terus berjalan dan Anda bisa menjalani hari esok bersama si kecil.
  • Ambil waktu untuk berduka dan melepas kepergian orang yang Anda cintai. Akui bahwa Anda berduka dan mintalah pertolongan orang lain untuk menemani Anda selama Anda berduka.  
  • Setelah masa berduka lewat, alihkan pikiran dan enerji pada pertumbuhan, perkembangan dan masa depananak . Dalam keluarga yang perlu diperhatikan adalah adanya parentalhood, jadi bukan hanya motherhood tapi juga fatherhood. Dalam keluarga, keduanya harus ada dan seimbang, sehingga ketika salah satu pihak tidak hadir, pihak yang lain bisa mengambil alih tugasnya. Jangan takut atau minder jika sebagai ayah sesekali Anda harus mendorong kereta bayi, memberi bayi susu, memasak untuk keluarga, dan sebagainya.  
  • Siapkan rencana, siapa yang akan mengasuh bayi saat Anda bekerja. Minta bantuan kerabat atau pekerjakan babysitter yang kompeten.
  • Coba mencari donor ASI, karena ASI lebih baik dari susu formula.
  • Tetap mengenalkan sosok istri Anda sebagai ibu kandung bayi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Intuisi Ibu: Natural atau Bisa Diasah?

Calon ibu terkadang dihinggapi rasa ketakutan akan kemampuan dirinya sendiri dalam merawat anak. Beberapa ibu pun meragukan dirinya memiliki intuisi. Benarkah intuisi terjadi alami atau harus diasah?... read more