3 Tip Dari Dr.Oz

 

www.moralcourage.com

Dokter sahabat Oprah Winfrey ini membari 3 tip favoritnya untuk para orangtua.

“Mainkan” makanan untun anak. Sering kali kita menyuarakan perintan kepada anak, “Jangan makan sambil nonton tv!” “Makan sayurnya!” jangan ini, jangan itu. Bila ingin anak makan dengan benar, perlu pesan positif kepada mereka. Tawarkan makanan sehat yang seru, kreaatif, penuh warna dan interaktif. Anak senang sekali “menemukan sesuatu,” bukan diperintah terus menerus, maka biarkan mereka mencari sayur dan buah berwarna favoritnya-hidangan yang membuat mereka tetap sehat.

Jadi copy cat. riset membuktikan, anak cepat sekali mendeteksi ketidakkonsistenan ayah dan ibunya. Kalau ayah dia kahir pekan hanya duduk di depan TV pencet=pencet remote control, lalu memerintah anak untuk tidak bermalas-malasan, siapa yang mau menurut? Anak anak meniru tingkah laku orangtuanya. Maka jangan hanya sibuk member perintah, tapi juga lakukan pada diri sendiri.

Antar anak tidur pada waktu yang seharusnya. Matikan TV. Lakukan ritual sebelum tidur-cuci tangan dan kaki, sikat gigi, pakai baju tidur, lalu segera tidur. Anak usia 3-12 tahun butuh 10-11 jam per hari. Anak yang waktu tidurnya tak cukup kelan akan menemui kesulitan akademik dan perilaku, termasuk hiperaktif, suka menentang dan melawan.

 



Artikel Rekomendasi