Bekal Untuk Pengasuh

 

Bagi ibu bekerja, dapat dikatakan bantuan pengasuh bayi atau balita yang dikenal dengan sebutan baby sitter maupun nanny sangat diperlukan. Terutama bila keluarga dekat tak dapat diandalkan karena berdomisili jauh dari tempat tinggal Anda. Pengasuh sebaiknya dibekali berbagai pengetahuan dan 'fasilitas' penting menyangkut keamanan dan kenyamanan anak.

1. Sediakan telepon selular untuk keperluan pengasuhan anak dan pastikan selalu berpulsa. Simpan nomor-nomor telepon penting di dalamnya. Pengasuh harus bisa mengakses nomor Anda dengan satu tombol tekan. Nomor telepon penting: orantua anak, kerabat dekat, supir, asisten rumah tangga, guru preschool, satpam kompleks dan nomor pemesanan taksi untuk keadaan darurat.

2. Sediakan uang untuk keperluan darurat di rumah ketika Anda tidak ada. Besarnya berkisar antara Rp100.000 - Rp250.000, simpan di tempat yang diketahui pengasuh. Minta pengasuh membuat laporan berkala pada pemakaian uang.

3. Pastikan pengasuh bisa memanggil taksi untuk transportasi darurat.

4. Pastikan pengasuh tahu klinik/rumah sakit terdekat untuk pertolongan darurat.

5. Sampaikan dan libatkan pengasuh
ketika Anda hendak melakukan toilet training, menyapih, menyekolahkan anak, berlibur bersama anak, pindah rumah dan lain-lain, yang bisa mengubah rutinitas anak.

6. Sering mengobrol atau berdiskusi dengan pengasuh soal pengasuhan anak dan topik sehari-hari lainnya. Ada kalanya Anda bisa menerima masukan dari pengasuh.

7. Ajarkan pengasuh berbagai keterampilan
seperti resusitasi (pemberian napas buatan), P3K, pengetahuan obat-obatan termasuk obat tradisional, resep-resep favorit anak, pijat anak dan sebagainya, baik lewat praktik langsung maupun dari buku/majalah/video.

8. Perhatikan kesejahteraan dan kebahagiaan pengasuh. Pengasuh anak yang bahagian berada di tengah keluarga Anda, akan melaksanakan tugasnya dengan lebih baik.

 



Artikel Rekomendasi

post4

4 Tipe Ayah

Gaya anak tidak akan jauh dari tipe dan gaya pengasuhan ayahnya.Anda tipe ayah yang seperti apa?... read more