Rumahku Sehat

 

Rumah sehat tak selalu mewah. Asalkan memenuhi kaidah kebutuhan primer kesehatan fisik dan mental manusia, rumah tersebut pasti sehat.
Karena kita hidup di daerah tropis, buat rumah yang sesuai lingkungan tropis, yakni banyak masuk sinar matahari dan sirkulasi udara baik.
Masuknya sinar matahari serta lancarnya sirkulasi udara selain menghindari lembab dan pengap, juga dapat membunuh kuman yang masuk dalam ruangan rumah. Bisa dilakukan dengan:
- membangun ruang keluarga tanpa plafon atau eternit. Ruang jadi terkesan lebih lapang dan aliran udara pun jadi lancar. Pendingin udara jadi terlalu dibutuhkan. Selain itu, tridak adanya eternit juga dapat mencegah atap jadi sarang tikus.
- Buat ruang yang memilki akses ke ruang terbuka, karena is amemberi penerangan alami pad aruanan dalam rumah. Begitu juga penggunaan 1 atau 2 genting kaca pada garasi, kamar mandi atau dapur. Pemakaian lampu di siang hari bisa dihindari, penggunaan listrik pun lebih hemat.
Gunakan sebanyak mungkin bahan atau material natural, bukan bahan-bahan yang menggunakan finishing eksperimen yang menimbulkan toksik, karena:
- rumah berbahan natural memberikan suasan alami, bahannya mudah didapat, gampang perawatannya dan harganya pun murah.
- Material natural tidak mempunyai banyak efek samping yang merugikan kesehatan.
Masukkan elemen air, karena air bersifat mendinginkan suhu secara pasif (pasif cooling). Misalnya dengan membuat kolam renang, kolam ikan atau tanaman air. Dengan banyak unsure air, pantulan panas matahari yang masuk bisa diredam. Tentu saja keamanan bagi balita juga perlu diperhatikan, misalnya membuat pagar di skeitar kolam.
Buat ruang spesial yang aman untuk anak bermain, baik di dalam maupun di halaman rumah. Balita yang berada dalam fase eksplorasi dan imajinasi, memerlukan ruang yang leluasa untuk bergerak.
Pasang kawat ventilasi atau kasa, baik di lubang angina, maupun pintu dan jendela. Selain untuk mencegah nyamuk, produk ini juga bisa sebagai saringan debu.
Pilih perabot rumah (meja,kursi, lemaru, rak) dalam ruang keluarga yang tidak menyimpan debu dan mudah dibersihkan. Apalagi kalu balita menderita alergi.
- hindari bahan kain dan berbulu untuk penutup kursi atau taplak.
- Kurangi penggunaan karpet karena bisa menyimpan debu.  

 



Artikel Rekomendasi