Sehat Dengan Sarapan Siap Saji

Sehat Dengan Sarapan Siap Saji  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Jenis makanan untuk sarapan tidak harus yang sulit diolah. Anda bisa makan pagi dengan makanan “siap saji” yang mudah dan cepat dibuat. Yang terpenting, makan pagi harus mencakup 30% dari total kalori sehari atau sekitar 500 kalori dan 15 gram protein.

Sarapan siap saji memang lebih mudah dan menghemat waktu. Namun Anda tetap harus cermat melihat komposisi nutrisinya. Mari kita cek beberapa jenis makanan untuk sarapan siap saji. 
  • Energen adalah minuman dengan tambahan sereal. Mengandung gula, susu dan sereal dengan nilai gizi per sajiannya 133 kalori dan 2 gram protein. Bila sarapan dengan energen, tambahkan sumber karbohidrat, protein dan lemak dari makanan lain. Boleh konsumsi 1-2 kali seminggu, karena kandungan gizi yang minim sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan kalori sehari. Tambahkan: 2 lembar roti tawar isi telur mata sapi, selada dan irisan tomat,  1 buah apel
  • Sereal mangkok pilih yang terbuat dari gandum dan jagung. Dalam satu takaran saji mengandung 200 kalori dan 5 gram protein, namun kurang vitamin dan mineral. Santap sereal  2-3 kali dalam seminggu. Tambahkan: potongan buah seperti stroberi, apel atau pir, 1 mangkuk salad sayuran. 
  • Bubur instan. Komposisi: bubur beras instan, garam, gula, bubuk ayam dan tambahan kerupuk, abon ayam serta kecap asin. Dalam satu kemasan sajinya mengandung 180 kalori dan 3 gram protein. Boleh di makan  2 kali seminggu karena kandungan gizinya kurang protein, vitamin dan mineral. Tambahkan: 2 genggam kacang kedelai, 1 buah apel atau pir, 1 botol yogurt tawar. 
  • Sandwich. Santapan pagi ini memiliki komposisi lengkap untuk karbohidrat, protein, lemak dan vitamin. Namun jumlahnya tidak sebanyak yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sarapan. Dalam satu buah sandwich isi ayam terkandung sekitar  230 kalori dan 14 gram protein. Santap 2-3 kali seminggu saat. Tambahkan: 2 sendok mayones, 10 biji anggur, 4 keping crackers. 
  • Mi instan seduh. Bahan dasar mi adalah sumber karbohidrat, namun kurang  protein, serat dan vitamin. Satu bungkus mi  instan seduh memiliki sekitar 300 kalori dan 7 gram protein. Maksimal 2 kali seminggu. Tambahkan: 1 mangkuk salad sayur, 1 butir telur rebus. 
  • Roti manis dengan isian cokelat atau keju dan taburan cokelat di permukaan roti, sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa. Namun sarapan ini sangat kurang vitamin, serat dan proteinnya sehingga harus dilengkapi dengan makanan sumber zat gizi lain. Tambahkan: 1 gelas susu, 1 piring buah potong. (me)
Baca juga:
Ibu Hamil Wajib Sarapan
Mitos & Fakta Tentang Sarapan



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89484   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30407   
>  Mengasuh Anak Autis   21626   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18299