Terapi Jus: Sakit Kepala, Nafsu Makan, dan Mata

 

Air serai, sirsak, dan wortel dapat digunakan untuk atasi sakit kepala, nafsu  makan hilang, dan sakit mata.

*Nyeri dan Sakit Kepala. Setelah olahraga atau sibuk bekerja, terkadang kita diserang rasa nyeri dan sakit kepala. Pilih saja jus serai yang cita rasanya menyegarkan. Kombinasi minyak atsiri dan sejumlah komponen dalam serai seperti geraniol, methylpheptenone, eugenol, kadinol, serta limonen, membantu mengatasi sakit kepala, nyeri otot dan persendian serta mengobati luka memar dan bengkak.
Air Serai Madu
Bahan:
100 gram daun serai segar, ambil bagian yang muda, lalu digeprek.  
375 cc (1,5 gelas) air matang.  
    2 sendok madu.  
Cara membuat: Rebus daun serai selama 5-10 menit sampai air rebusan berwarna kehijauan dan berbau wangi. Masukkan ke dalam gelas dan campur dengan madu. Bisa diminum hangat atau dicampur es batu.

Tidak boleh untuk balita dan ibu hamil karena serai mengandung alkaloid yang memiliki efek obat. Belum ada studi klinis yang memastikan keamanannya.

*Nafsu makan hilang. Penyebabnya antara lain stres, tubuh kurang fit, serta gangguan pada saluran pencernaan. Coba pulihkan nafsu makan Anda dengan mengonsumsi buah sirsak. Kandungan vitamin C yang tinggi merupakan antioksidan yang amat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sirsak juga kaya senyawa fitokimia yang banyak manfaatnya bagi kesehatan, misalnya dipakai untuk terapi batu empedu serta asam urat.
Shake Sirsak
Bahan:
150 gram daging buah sirsak.  
  50 cc plain yoghurt.  
  50 cc susu segar cair.  
  75 gram es serut halus.  
Cara membuat: Campur semua bahan, lalu blender. Minum selagi dingin.

*Kesehatan mata. Jaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin A. Buah dan sayuran yang bagus dijus untuk memelihara kesehatan mata antara lain wortel, buah buni, buah naga, delima, jeruk bali, markisa, terung belanda, daun mint, jagung, dan labu kuning.
Jus Wortel Sehat
Bahan:
200 gram wortel.  
200 gram apel.  
150 gram brokoli.
Cara membuat: Campur semua bahan, masukkan ke dalam juice extractor. Dinginkan, lalu sajikan.


 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Cara Ajak Balita Cinta Bumi!

Kita semua perlu peduli dan mencintai lingkungan, termasuk si balita juga bisa! Apalagi anak-anak adalah generasi penerus yang akan hidup lebih panjang menikmati bumi yang indah. Apa yang bisa Anda aj... read more