Tips Membekukan Makanan

 

Anda mungkin sering melakukan pembekuan bahan makanan untuk memperpanjang masa simpannya. Gunakan cara-cara sederhana berikut ini agar makanan yang Anda bekukan tetap bermutu tinggi.

Agar mendapatkan produk beku yang bermutu tinggi, ada caranya!
  • Rencanakan cermat bahan-bahan makanan yang akan Anda bekukan, mengingat terbatasnaya ruang freezer.
  • Bekukan bahan makanan yang berkualitas prima. Menyimpan makanan “rusak” merupakan suatau pemborosan.
  • Sortir dan siapkan bahan makanan yang akan dibekukan.
  1. Daging: cuci potong-potong atau buang tulangnya, kemudian masukkan ke dalam kantung plastik atau wadah bertutup dalam jumlah sekali masak. Keluarkan udara sebanyak mungkin dari dalam kantung plastik dan buat simpul ikatan sedekat mungkin dengan permukaan daging. Bertahan selama: 6 bulan.
  2. Ikan: cuci potong-potong sejumlah yang dibutuhkan, lalu bungkus dengan kertas roti, aluminium foil atau lembaran plastik sebanyak dua lapis, rekatkan rapat-rapat, lelu segera bekukan.
  3. Kaldu: masukkan ke dalam kantung plastik sesuai kebutuhan sekali masak, kemudian ikat dengan simpul agak jauh (1-2 cm) dari prmukaan cairan.
  4. Pure sayuran makanan bayi: masak sayuran seperti biasa, haluskan, simpan dalam wadah yang keras dan bertutup rapat (sisakan ruang kurang lebih dari 1 cm di atas permukaan puree), lalu bekukan.
  • Tempelkan label, tulisan tanggal penyimpanan. Gunakan bahan yang sudah lebih lama disimpan lebih dulu.
  • Agar sugu beku dapat diperthaakan (-5-12ºC), jangan memasukkan makanan yang masih panas dan terlalu sering membua-menutup pintu freezer.
Proses Thawing (defrost) adalah proses mencairkan kembali makanan yang sudah beku.
Jika dilakukan di dalam lemari es: perlu waktu sekitar 5 jam untuk mencairkan 0,5 kg daging. Untuk mempertahankan cairan dan warnanya, daging harus tetap berada dalam wadahnya.
  • Jika dilakukan di bawah air mengalir: berlangsung lebih cepat, misalnya 2 jam untuk 0,5 kg daging. Bahan makanan sebaiknya masih dalam kemasannya. Atau, bisa juga dilakukan dengan merendam bahan makanan dalam air yang seirng diganti untuk mempercepat proses thawing. Namun, proses thawing yang dilakukan pad asushu ini tidak dianjurkan, karena sangat memungkinkan mikroba berkembang biak.
  • Jika dilakukan dengan microwave: berlangsung lebih cepat lagi, skeitar 2-20 menit, tergantung jenis dan banyaknya makanan yang di-thawing. Tidak dianjurkan untuk makanan bayi.
Baca:
Menyimpan Makanan Bayi Yang Dibekukan
Menyimpan Makanan Kemasan
Tips Awet Simpan Daging & Ikan



 



Artikel Rekomendasi