Aneka Jenis Tempat Menginap saat Liburan

 

Kenali aneka jenis penginapan dan ketahui betul semua fasilitas yang mereka tawarkan. Jangan sampai Anda terlanjur merepotkan diri sendiri sampai tidak bisa menikmati liburan hanya karena ‘nggak ngeh’ akan fasilitas yang ternyata tersedia di tempat Anda menginap.

Hotel
Perlu Anda ketahui, ada berbagai jenis hotel yang bisa jadi pilihan, yaitu budget hotel, yang biasanya menawarkan harga yang lebih ekonomis dengan pelayanan standar berupa kamar untuk istirahat dan sarapan. Namun, budget hotel biasanya tidak menawarkan restoran yang buka setiap jam, layaknya premium hotel, yaitu hotel-hotel berbintang lima yang namanya sudah familiar di telinga Anda. Selain kamar, biasanya ada layanan hiburan yang mendukung, seperti kolam renang, fitness center dan restoran. Hotel berbintang lima menawarkan ukuran kamar yang lebih beragam dari budget hotel. Pastikan jika Anda memilih kamar dengan ukuran kecil, Anda menyiapkan perlengkapan lengkap saat membawa bayi.

Bed and Breakfast
Seperti namanya, tawaran hanya berlaku untuk tempat beristirahat dan sarapan. Bedanya dengan hotel, saat menginap di bed and breakfast, Anda bisa berhubungan langsung dengan si pemilik rumah. Bahkan, mereka ikut menyambut Anda dengan hangat saat tiba di tempat.
 



Apartemen dan Condo Hotel (Condotel)

Jika Anda berencana membawa pengasuh atau Anda adalah keluarga dengan dua orang anak atau lebih, apartemen atau condotel bisa menjadi pilihan. Selain ukuran ruangan yang lebih besar, tersedianya 2 kamar dalam satu unit serta adanya dapur pribadi menjadi keistimewaan yang akan Anda dapatkan. Menyiapkan makanan untuk bayi menjadi lebih mudah. Pastikan bahwa tempat Anda menginap ini dilengkapi alat-alat rumah tangga yang mendukung, seperti mesin cuci, kompor, microwave, dan lemari es. Cek juga apakah apartemen yang Anda pilih juga menawarkan fasilitas hiburan di dalamnya, seperti kolam renang dan arena bermain untuk anak.

Villa
Ini cocok untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga besar karena villa merupakan bangunan seperti rumah dan biasanya terdiri dari dua kamar atau lebih. Fasilitas yang tersedia layaknya fasilitas di rumah. Kompor dan lemari es sudah pasti tersedia. Dan tak jarang mereka dilengkapi dengan private pool. Namun, pastikan saat membawa anak, Anda memilih villa dengan lokasi dan lingkungan sekitar yang ramah anak. Misalnya saat ke puncak, pastikan jalanan yang akan Anda lewati aman untuk anak.



Resor
Fasilitas yang tersedia layaknya hotel berbintang lima, begitu pula dengan pilihan ukuran kamar. Resor merupakan tempat menginap yang memang diperuntukkan bagi keluarga yang hanya ingin beristirahat dan menghabiskan waktunya di tempat tersebut. Jadi, tak heran jika tempat menginap yang satu ini sangat lengkap dengan berbagai fasilitas, bahkan beberapa memiliki akses langsung ke pantai (private beach). Namun, akan menjadi sulit saat Anda memiliki rencana untuk jalan-jalan dan mengeksplor tempat-tempat lain, karena biasanya akses ke resor sendiri jauh dari pusat kota.

Selain kamar, beberapa fasilitas berikut juga perlu ditanyakan:
  • Antar jemput dari dan ke bandara.
  • Extra bed charge.
  • Laundry. Beberapa hotel menggunakan jasa pihak ketiga sehingga tidak memungkinkan untuk express laundry, biasanya Anda perlu menunggu minimal 1-2 hari.
  • Kids club dan babysitter, biasanya tersedia di hotel dan resor.
  • Fasilitas crib maupun stroller.
  • Sewa mobil atau motor terdekat.
  • Biaya parkir.

 



Artikel Rekomendasi