Liburan ke kota Sydney, Australia: Paket Perjalanan atau Mandiri

 

Ikut paket perjalanan perusahaan jasa tour & travel memberi beberapa keuntungan. Tapi kalau Anda bawa balita apalagi bayi, beberapa hal harus dipertimbangkan.

Australia, benua tetangga yang letaknya tidak jauh dari Indonesia seringkali menjadi tempat tujuan wisata keluarga Indonesia. Sydney adalah kota terbesar di Australia yang dapat ditempuh kurang lebih 7 jam dengan penerbangan langsung dari Jakarta, atau sekitar 5 jam dari Denpasar.

Berperjalanan ke negara atau kota yang belum pernah dikunjungi tentu menguntungkan jika memilih ikut paket tur dari perusahaan jasa Tour&Travel di Indonesia. Tapi berwisata ”lepas” tanpa ikut paket perjalanan juga sama mengasyikkan. Pastinya, semua ada kelebihan dan kekurangan.

Apabila memilih paket perjalanan, jumlah obyek wisata yang bisa dikunjungi biasanya cukup banyak, jadwal perjalanan pun biasanya padat dan diatur secara terinci. Tetapi durasi kunjungan Anda ke setiap tempat tujuan menjadi tidak terlalu lama. Yang harus dipikirkan, apakah balita Anda sudah cukup mampu mengikuti jadwal padat dan banyak dalam satu kurun waktu. Selain itu, paket perjalanan jarang sekali merancang program dengan obyek wisata khusus anak apalagi balita. Sehingga selalu ada kemungkinan si kecil rewel karena terlalu lelah mengikuti jadwal yang padat dan tidak mendapat kesempatan untuk berkunjung ke tempat yang tepat untuk mereka.

Jika berlibur direncanakan dengan anak-anak atau balita, maka saya lebih menyarankan untuk tidak terikat dengan tour dari Indonesia. Memang jadi agak lebih repot, seperti misalnya harus mengurus sendiri tiket pesawat, visa, penginapan, dan juga merencanakan tempat-tempat yang akan dikunjungi selama berada di Sydney. Namun kerja keras itu akan terbayar karena selama berlibur seluruh anggota keluarga bisa lebih nyaman dengan jadwal yang lebih fleksibel, tanpa takut mengganggu atau merugikan orang lain – seperti jika ikut tur.
 

Penulis: Ayu Z. Husodo, ibu dua putra-putri, tinggal di Sydney

foto: google.com

 



Artikel Rekomendasi