Rencanakan Babymoon, Yuk!

 

Sebelum terjun ke dunia ibu baru, siapkan diri dengan memberikan ‘hadiah’ perjalanan berlibur berdua dengan suami sebelum persalinan. Agar babymoon Anda berkualitas tinggi, perhatikan beberapa poin ini.
  • Lakukan babymoon pada trimester kedua karena pada saat ini Anda mulai merasa nyaman dengan kondisi kehamilan. Biasanya dokter tidak menyarankan Anda bepergian di trimester pertama, perjalanan akan terganggu akibat morning sickness. Begitu juga pada trimester ketiga, sebab semakin besar perut, semakin sulit buat Anda jalan jauh. Ruang gerak Anda sedikit terganggu.
  • Pilih lokasi liburan yang tidak terlalu jauh, yang tidak membutuhkan waktu tempuh lebih dari 6 jam. Ingat, tujuan utama babymoon ini untuk istirahat dan relaksasi. Perjalanan jauh bisa jadi membuat tubuh Anda lelah dan stres.  
  • Gunakan transportasi aman, tempat duduk tidak sempit, sehingga masih ada ruang untuk kaki diluruskan. Pastikan juga tidak ada goncangan yang hebat selama dalam perjalanan.
  • Hindari pergi sendiri. Idealnya minta suami menemani ketika Anda pergi, agar ada yang membantu Anda ketika Anda mengalami kondisi darurat. Jika suami tidak bisa menemani, pastikan ada orang terdekat Anda yang ikut, seperti kakak, adik, ibu, atau sahabat.
  • Konsultasikan ke dokter tentang rencana liburan. Kondisi kandungan Anda perlu dilihat, apakah layak untuk menempuh perjalanan atau tidak. Apalagi jika Anda akan pergi ke luar kota atau keluar negeri. Termasuk apakah Anda perlu mendapatkan vaksin atau tindakan preventif tertentu. 
  • Lokasi penginapan dekat dengan fasilitas kesehatan. Cari rumah sakit dan klinik terdekat, jaga-jaga bila sesuatu terjadi pada diri Anda. Jangan lupa untuk minta dokter rujukan yang dekat lokasi penginapan Anda, serta bawa buku periksa kehamilan untuk mempermudah melihat sejarah kandungan Anda.
  • Persiapkan kebutuhan kehamilan dengan benar, jangan sampai ketinggalan. Seperti nomor telepon penting, obat atau vitamin dari dokter, bantal, kipas angin, permen penghilang mual dan lotion anti nyamuk yang aman untuk ibu hamil.
  • Jangan sembarang minum air. Ibu hamil memang mudah haus dan dehidrasi, tapi jangan mudah minum minuman yang dijajakan di lokasi rekreasi atau pinggir jalan. Lebih baik membawa air mineral kemasan yang dibeli dari toko terpercaya.
  • Lakukan kegiatan menyenangkan dan romantis, yang kira-kira akan sulit Anda lakukan lagi setelah punya bayi. Misalnya menonton di bioskop, menonton pertandingan olahraga, melakukan perawatan spa. Pokoknya have fun, menikmati situasi hanya berdua saja, tanpa tangisan bayi. Tutup dengan seks?
  • Hindari melakukan kegiatan high impact atau yang berbahaya untuk ibu hamil. Seperti menyelam, memanjat, bersepeda atau berlari.

Baca juga:
Travelling Nyaman Ibu Hamil
Perlengkapan Liburan Ibu Hamil


 



Artikel Rekomendasi