Tambah Pintar di Taman Bacaan

 

Buat bulan bahasa kali ini lebih berkesan semarak dengan mengajak balita berkunjung dan melihat koleksi taman bacaan.

KAMPUNG BUKU
Namanya tampaknya disesuaikan dengan lokasi didirikan –karena meski berada di wilayah kota Jakarta, lokasi Kampung Buku di lingkungan Cibubur yang masih dihiasi dengan sawah dan sungai kecil.  Tempat membaca ini berbentuk saung. Anak-anak yang membaca di sana dapat duduk lesehan sambil menikmati udara segar. Semua orang bebas masuk dan meminjam buku selama 24 jam, asalkan tidak mengotori, merusak dan membawa pulang buku. Tidak ada petugas tetap yang berperan menjaga, pengelola menempatkan pembaca sebagi petugas yang  mengamankan Kampung Buku. Maka anak-anak pun senang diberi tanggung jawab dan berusaha keras menjaga buku-buku koleksi. Selain menjadi tempat membaca dan berkumpul, Kampung Buku juga bertujuan sebagai sarana berkreasi. Maka kegiatan seperti belajar menari tarian daerah, belajar ketrampilan flanel atau bedah buku juga diadakan.

Koleksi buku: buku cerita anak, buku dongeng rakyat, ensiklopedia dan kamus untuk anak-anak, komik dan majalah anak.


TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM)
Terobosan baru: taman baca di dalam kawasan mall! Taman Bacaan Masyarakat yang cukup mudah ditemukan ini mustinya bisa menjadi tempat orangtua menitipkan anaknya di mall. Daripada melulu di tempat bermain, pilihan lain adalah dengan membiarkan si kecil duduk manis sambil membaca buku atau melakukan kegiatan menggambar atau mencocokkan warna. Staf penjaga TBM cukup asertif membantu si kecil bila dia mengalami kesulitan. Serunya lagi, orangtua pun disediakan pilihan-pilihan buku untuk dibaca karena TBM ini memang untuk segala usia.  

Koleksi buku : buku cerita bergambar, buku dongeng, buku sejarah, buku aktivitas, novel, buku panduan orangtua, buku tentang hobi.

RUMAH BACA ZHAFFA
Garasi di depan rumah tidak lagi terpakai, maka seorang ayah memanfaatkannya menjadi perpustakaan mini. Bekerja sama dengan Komunitas 1001 Buku yang memasok buku secara berkala, Rumah Baca Zhaffa pun menjadi rumah baca favorit anak-anak yang tinggal di sekitar Manggarai, Jakarta Selatan. Meski ruangan tidak terlalu besar, ruangan begitu nyaman dipakai untuk dibaca. RB Zhaffa buka sejak jam 09.00 hingga 21.00, dan sore hari biasanya diisi dengan kegiatan belajar bersama, mendongeng, atau membaca bersama.

Koleksi buku : Buku aktivitas anak, buku cerita anak, buku komik, buku pelajaran TK dan SD, buku esiklopedia, buku latihan belajar.

RUMAH BACA ASMA NADIA
Tidak heran kalau penulis buku Asma Nadia cinta dengan dunia buku. Bentuk cintanya itu dengan pula membuka rumah baca di tengah perumahan agar bisa dikunjungi banyak anak. Ruangan yang sangat besar menambah kenyamanan anak-anak untuk membaca. RB Asma Nadia juga dilengkapi dengan permainan puzzle dan lego untuk sarana bermain bila anak-anak mulai bosan. Berhubung Asma Nadia, suami dan kedua anaknya juga penulis, maka kegiatan belajar menulis atau membedah buku sering diadakan di sini. Memang banyak cara untuk membuat anak cinta dengan buku.

Koleksi buku: Buku cerita anak, ensiklopedia, buku pelajaran, buku berkreasi, majalah anak, buku novel, majalah dewasa untuk orang tua.

Klik disini untuk menemukan alamat taman bacaan untuk anak.

 



Artikel Rekomendasi