Agar Calon Ayah Sehat

 

Upaya agar kehamilan berjalan lancar dan janin tumbuh sehat, juga perlu kontribusi kedua belah pihak, suami dan istri. Banyak hal yang perlu diperhatikan calon ayah, paling tidak enam bulan sebelum kehamilan:
  • Atasi berbagai gangguan. Misalnya gangguan atau kelainan yangmengakibatkan sperma rusak atau tidak berproduksi, seperti testis rusak akibat virus dan berbagai infeksi kuman penyakit. Atau karena gangguan akibat keluarnya sperma dari testis menuju penis tersumbat oleh kuman atau akibat trauma karena pukulan atau tendangan pada kemaluan, kelainan bentuk sperma, pergerakan sperma hingga air mani terlalu kental sehingga sperma sulit bergerak.
  • Tetap berolahraga. Olahraga menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh tetap lancar, terutama sirkulasi darah ke testis.
  • Konsumsi vitamin C dan E. konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E. penelitian membuktikan, kekurangan kedua vitamin ini dapat menyebabkan kerusakan sperma yang dapat menggagalkan konsepsi.
  • Stop merokok dan minuman beralkohol. Mulailah secara bertahap menghentikan kebiasaan merokok. Nikotin yang masuk ke dalam darah berpengaruh  negatif terhadap sperma. Jangan pula minum minuman beralkohol, karena alkohol dapat mempengaruhi perkembangan pembentukan sperma.
  • Perhatikan lingkungan. Jauhkan diri dari lingkungan yang banyak mengandung bahan-bahan kimia, seperti pestisida, timah hitam, radiasi, tegangan listrik, gas beracun, asap mobil, atau panas (seperti berendam di air belerang), karena dapat menganggu fungsi testis.
  • Kendalikan stres. Secara tidak langsung stres mempengaruhi sistem reproduksi, karena mental dan fisik merupakan satu sistem yang saling bekerja sama. Stres yang berlanjut bisa menekan semua proses kerja organ tubuh, termasuk sistem reproduksi.
  • Kenalkan pakaian longgar. Testis harus dirawat. Caranya, hindari penggunaan celana yang ketat atau penyangga secara terus menerus ketika berolahraga. Karena penggunaan keduanya membuat testis berada dalam suhu yang panas. Akibatnya, pergerakan sperma menjadi lemah. Makanya, jaga testis agar tetap tergantung dan jauh dari badan. (me)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kelainan Sperma Azoospermia

Azoospermia adalah kelainan sperma yang berupa di dalam cairan semen tidak ada atau nyaris tidak ditemukan adanya sel sperma sama sekali. ... read more