Ciri Sperma Tangguh

 

Kesehatan sperma dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk kuantitas, kualitas, dan motilitas yang ciri-cirinya berdasarkan standar WHO (World Health Organization) 2010, yaitu:

•  Kuantitas
Salah satu tanda seorang laki-laki fertil atau subur bisa dilihat dari kuantitas spermanya, yaitu ketika cairan sperma atau air mani yang keluar langsung habis dalam satu kali ejakulasi. Setiap ejakulasi ini air mani mengandung 15 juta sperma per millimeter.

•  Kualitas
Kualitas sperma dipengaruhi oleh bentuknya. Sperma normal memiliki kepala berbentuk oval dengan ekor yang panjang, yang bekerjasama untuk melakukan gerakan ke depan. Ada empat macam gerakan sperma, yaitu cepat dan lurus, cepat namun tidak lurus, bergerak di tempat dan mati. Semakin banyak bentuk dan struktur sperma yang bergerak cepat dan lurus serta cepat dan tidak lurus yang dimiliki, maka semakin subur seorang laki-laki.

  Motilitas  
Kelincahan gerak sperma juga berperan penting agar sperma mampu melakukan penetrasi pada sel telur. Agar sukses menembus sel telur, sperma harus menggeliat dan berenang melalui leher rahim, uterus dan tuba falopi. Laki-laki dikatakan subur saat jumlah sperma yang bergerak lurus dan cepat serta cepat namun tidak lurus minimal sebanyak 32 persen dari jumlah total.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more