Gondongan Ancam Kualitas Sperma

 

Anda pernah gondongan dan kini susah memiliki keturunan? Mungkin hal tersebut ada kaitannya karena kualitas sperma tidak mencapai kondisi normal.

Dalam istilah kedokteran, penyakit yang kerap disebut gondongan adalah Parotitis Epidemica. Yakni infeksi pada kelenjar ludah di bawah rahang. Penyakit itu disebabkan oleh virus dan kadang-kadang bisa merupakan wabah, sehingga banyak yang tertulari. Penyakit tersebut seringkali menyerang anak-anak.

Repotnya, virus penyakit gondongan ini kadang-kadang dapat menyerang testis (buah zakar) dan menyebabkan infeksi di tempat tersebut. Padahal, di sanalah sperma diproduksi. Dengan adanya infeksi di testis, maka dengan sendirinya produksi sperma pun terganggu.

Tak jarang, testis yang terserang infeksi ini menjadi rusak sama sekali fungsinya, sehingga tidak dapat memproduksi sperma lagi. Kalau memang keadaannya demikian, maka kemungkinan besar tidak dapat pulih kembali. Namun, jika masih bisa berproduksi dalam jumlah sedikit, maka pembuahan dapat dilakukan dengan metode bayi tabung.

 



Artikel Rekomendasi