Lebih Jauh Tentang Stem Cell

 

Stem cell berarti menyimpan sel induk (sel cikal bakal makhuk hidup yang berasal dari peleburan sel sperma dan sel telur) dari darah tali pusat. Sel induk ini paling efektif untuk mengobati pemilik darah tali pusat itu sendiri, serta orang-orang yang satu generasi dengannya.

Siapa yang perlu menyimpannya? Terutama pasangan yang berisiko tinggi memiliki kelainan genetik yang sulit diobati, seperti leukemia, limfoma dan thalasemia. Karena, sel induk itu bisa dikembangan menjadi sle jenis apa pun yang diperlukan tubuh sesuai intruksi. Jadi, kalu semuanya normal, atau tiga generasi baik-aik saja, tak perlu stem cell.

Bagaimana cara mengambilnya? Darah diambil dari tali pusat setelah dipotong dari bayi saat lahir. Sebelum plasenta keluar, darah yang berada di tali pusat di tampung dalam kantong, seperti kalau mau mendonorkan darah.

Berapa banyak disimpan? Jumlah yang diharapkan lebih dari 100 cc.

Sampai kapan disimpan? Tergantung perjanjian dengan provider. Bisa 16 tahun atau 18 tahun saat anak sudah dianggap dapat memutuskan akan diapakan darah stem cell-nya itu. Bisa juga disimpan lama dengan syarat tempat penyimpanan darah itu suhunya stabil.

Apa yang harus dicermati sebelum memutuskan menyimpan sel induk? Kepada agent atau representative agent tanyakan:
  • Tanyakan letak bak darahnya.
  • Bacakan peraturan-peraturan yang mengikat (dapat dibaca di-dowload di Internat).
  • Tanyakan, dimana materi itu bisa diambil bila akan dilakukan pengobatan di Indonesia.
Kapan harus mencari representative agent? Sebelum persalinan atau sebelum usia kehamilan mencapai ke-38 mingu. Diskusikan dengan pasangan, Anda harus yakin akan manfaatnya.

Bagaimana cara memilih agent atau representative agent? Beberapa hal ini penting untuk dipertimbangkan:
  • Harga. Pikirkan dengan matang, Karen amenyimpan darah tali pusat tidak murah.
  • Lokasi. Pilih yang paling deat dengan lokasi tempat tinggal Anda.
  • Reputasi. Hal ini bisa ditanyakan di American Association of Blood Banks. Badan ini memberikan status akreditasi pad abank-bank darah tali pusat. Badan ini tahun pasti bank mana yang paling sering menerima keluhan/pengaduan dan bank yang baik.
  • Profitable. Pastikan bank darah tali pusat punya reputasi keuangan yang stabil. Tanykan pada representative agent tempat Anda mendaftar, bagaimana nasib darah Anda bila bank penyimpan itu bangkrut.


 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more