Olahraga Penguat Otot Untuk Masa Prakonsepsi

 

Strengthening adalah salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk pasangan suami-istri yang sedang dalam masa prakonsepsi. Olahraga jenis ini menguatkan otot perut, punggung atas dan bawah, tungkai atas dan tungkai bawah.

Bagi Anda yang sedang mengusahakan kehamilan, bisa melakukan strengthening ini 2-3 kali seminggu dengan 8-15 ulangan, sebanyak 1-3 set. Ada dua jenis gerakan strengthening yang bisa dilakukan Anda berdua:
  • Sit-Up: latihan untuk menguatkan otot perut. Latihan teratur dapat mengecilkan sel lemak di sekitar perut.
  • Senam Kegel, bermanfaat untuk:
    • Memperkuat otot pubococcygeus, otot organ seksual utama pendukung vagina, penis, uterus dan rektum sehingga membantu orgasme dan ejakulasi baik pada wanita maupun pria.
    • Untuk suami, senam kegel meningkatkan kemampuan mengontrol dan mengatasi ejakulasi dini.
    • Untuk istri, senam kegel dapat melakukan orgasme dengan lebih baik karena otot yang dilatih adalah otot yang digunakan selama orgasme.
Bagaimana caranya melakukan senam kegel? Ini dia!
  1. Ketahui di mana letak otot pubococcygeus. Ini adalah otot yang sama seperti saat anda menahan buang air kecil. Saat Anda buang air kecil, cobalah menahan aliran air seni, kemudian lanjutkan lagi. Otot untuk menghentikan dan meneruskan kembali aliran air seni inilah yang dilatih.
  2. Mulailah berlatih. Lakukan kontraksi pada otot ini, tahan selama hitungan 10 detik, kemudian kendurkan. Ulangi gerakan otot ini 10 kali pada kesempatan pertama, kemudian tingkatkan intensitasnya pada kesempatan berikut. Latihan ini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun Anda berada.
 

 



Artikel Rekomendasi