Persiapan Dasar Menjadi Orangtua

 

Memiliki anak membutuhkan komitmen dan tanggung jawab yang besar. Siapkah Anda dan pasangan menjadi orangtua?
  1. Siap secara fisik. Anda dan pasangan harus berada dalam tahap perkembangan dewasa muda awal, yaitu sekitar umur 21 tahun ke atas, karena pada usia tersebut Anda dan pasangan dianggap sudah cukup matang secara biologis. Selain itu, usia 21-35 tahun pada perempuan adalah usia yang dianggap ideal untuk melahirkan, karena merupakan usia reproduksi.
  2. Siap secara emosi. Saat usia 21 tahun ke atas, Anda dan pasangan juga sudah dianggap matang secara emosi, karena sudah memiliki kemampuan kognitif seperti kemampuan memilih pasangan, serta sudah mengerti sebab-akibat dan pertimbangan risiko. Kenapa Anda dan pasangan harus siap secara emosi? Karena menjadi orangtua bukan pekerjaan yang mudah, dan butuh kesabaran yang sangat besar dalam mengasuh anak. Karena itulah, selain harus siap dan kuat dalam hal fisik dan keuangan, Anda dan pasangan pun harus siap dan kuat secara emosional.
  3. Siap secara finansial. Kebutuhan finansial untuk kehamilan tidaklah kecil, apalagi kebutuhan finansial pada saat kelahiran dan pasca kelahiran. Tentunya butuh tenaga dan waktu serta dana yang tidak sedikit untuk menjadi orangtua. Menjadi orangtua bukanlah tradisi turun-temurun atau sekadar status sosial, melainkan tanggung jawab tak berkesudahan. Tanggung jawab Anda dan pasangan tidak hanya menyiapkan kedatangan bayi dengan baik, tapi juga memberi kehidupan dan pendidikan yang layak baginya hingga ia dewasa. Anda dan pasangan perlu menunjukkan komitmen dengan menabung uang untuk biaya kehamilan, persalinan, pasca persalinan, hingga biaya pendidikan anak.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more