Tolong, Saya PCOS!

 

Haid tidak teratur, tumbuh rambut berlebihan di muka atau badan, berat badan dan jaringan lemak di tubuh bagian atas meningkat, setelah diperiksa dokter mengatakan adanya gangguan pematangan sel telur sehingga sel telur yang ada berukuran kecil. Ini indikasi gangguan kesuburan Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).
Masalah utama pada kasus PCOS adalah proses pematangan telur yang terganggu. Ini biasanya berkaitan dengan metabolisme insulin pada tubuh. Solusi paling sederhana adalah dengan olahraga dan diet sehat. Kalau ternyata cara ini tidak berhasil, maka diberikan obat-obatan perangsang telur. Obat-obatan yang digunakan terdapat beberapa golongan dan dosis yang berbeda. Kadang perlu dikombinasikan dengan obat anti diabetes. PCOS disebabkan oleh gaya hidup dan faktor genetik. Gangguan ini dapat diobati –agar ibu bisa hamil–  dengan cara:
  • Merubah gaya hidup untuk memerbaiki gangguan hormonal. 
  • Menurunkan indeks massa tubuh 10% agar dapat memerbaiki pematangan sel telur.
  • Melakukan pengobatan resistensi insulin dengan metformin untuk memerbaiki pematangan sel telur. 
  • Memerbaiki siklus haid menggunakan metformin, pil kontrasepsi kombinasi atau preparat progestin untuk mencegah penebalan lapisan dinding di dalam rahim. 
Jika telur tetap tidak matang setelah diberikan obat-obatan, pilihannya adalah melakukan laparoskopi ovarian drilling dengan tujuan meningkatkan respon telur terhadap obat yang diberikan, atau langsung ke program bayi tabung. Pertumbuhan rambut dan jerawat berlebihan diatasi dengan pemberian pil kontrasepsi atau anti androgen.
PCOS merupakan gangguan hormonal, menyerang 10% perempuan di usia reproduksi 12-45 tahun dan dapat menyebabkan infertilitas sehingga sulit hamil. Gangguan hormonal pada PCOS biasanya menyebabkan peningkatan kadar hormon androgen dalam darah yang memicu tumbuhnya jerawat dan rambut berlebihan. Yang meresahkan, PCOS meningkatkan risiko diabetes mellitus tipe 2, gangguan toleransi glukosa, penyakit kardiovaskular dan penebalan lapisan dinding rahim. 

Baca juga:
Tingkatkan Kesuburan dengan Olahraga
Nutrisi Penunjang Kesuburan

 



Artikel Rekomendasi