Siap Mental Menjadi Orang Tua

 

Siapkan mental, sebab hidup Anda berubah saat menjadi calon orang tua.

Perubahan tubuh. Tubuh yang berubah saat hamil akan mempengaruhi citra diri ibu, jika tidak nyaman dengan bentuknya-karena dianggap tidak menarik-ibu bisa kehilangan rasa percaya diri, suasana hati jelek, bahkanmenarik diri dari pergaulan. Pahami dan terimalah. Tubuh memang akan berubah, namun hanya sementara.

Perubahan peran. Peran calon ibu dan calon ayah yang indah itu, ternyata idiringi dengan tanggung jawab besar. Misalnya sesederhana, calon ayah tidka boleh merokok di dekat calon ibu. Atau, calon ibu harus mengurangi makan junk food karena ada janin di tubunya. Untuk perubahan peran tersebut, mental jarus siap. Jika tidak, bisa mengalami konflik saat hamil.

Perubahan prioriotas keuangan. Saat ini biayayang mengiringi kehamilan dan persalinan makin mahal. Harus siap mental, karena pasti harus mengubah gaya hidp. Misalnya, yang tadinya sedikit boros karena having fun, jadi berhemat untuk membayar tes laboraturium.

Kompak kerja sama. Karena akan punya anak, kerja sama calon bunda dan calon ayah harus makin kompak. Kini saatnya menjadi tim yang solid dan menyingkirkan siat egois. Kehamilan 9 bulan bisa menantang. Mislanya, jika terjadi ganguan kehamilan, ibu harus bed rest, kebutuhan biaya membengkak, dan lainnya. Di masa sulit, bunda dan ayah harus tetap bergandengan tangan.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Siap Punya Bayi!

Tak hanya faktor kesuburan, aspek emosi seperti rasa tidak aman, ragu atau marah bisa menghalangi terjadinya kehamilan. ... read more