Belum Hamil Juga

 

T: Saya sudah menikah selama 1 tahun, namun belum hamil juga. Haid saya juga tidak teratur, kadang 2 bulan 1 kali. Saya memang gemuk, jadi  setiap konsultasi ke dokter atau bidan mereka tidak berani memberikan saya obat apapun, alasannya takut tambah gemuk. Saya bingung harus berbuat apa sedangkan saya ingin sekali hamil dan punya bayi.

Memang, pada awal bulan pernikahan saya pernah mencoba minum pil KB. Setelah 1 bulan minum pil KB, haid saya banyak sekali seperti mengalami perdarahan. Tapi 2 bulan kemudian haid saya kembali normal.

J: Kehamilan adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti oleh pasangan yang telah menikah, dan hal itu merupakan suatu karunia Allah yang sangat besar. Untuk terjadinya suatu kehamilan tentu saja dibutuhkan kondisi reproduksi manusia yang dalam keadaan optimal. Hal ini sangat diperankan oleh keduabelah pihak baik suami maupun istri.

Bagi suami tentu saja diperlukan keadaan sperma yang baik dan bagi istri diperlukan siklus haid yang teratur untuk menghasilkan telur yang baik. Oleh sebab itu sebaiknya ibu dan suami berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk melakukan beberapa pemeriksaan guna menemukan apakah ada kelainan sehingga dapat diatasi dengan cepat.


dr Femmy Zulkarnain, SpOG  
RSIA ANNA
, Bekasi Selatan

 



Artikel Rekomendasi