Hb Rendah Ingin Hamil

 

Tanya: Saya (25 th) ingin segera hamil, tapi khawatir karena sejak gadis Hb saya rendah, hanya 9-10 mm/Hg. Adakah diet khusus bagi saya, termasuk jika hamil kelak tidak mengalami anemia?

Jawab: Ada 3 faktor penyebab anemia, yaitu kehilangan darah karena pendarahan, kerusakan darah merah dan produksi sel darah merah tidak cukup banyak (anemia gizi). Anemia gizi dapat terjadi apabila makanan yang dikonsumsi tidak banyak mengandung zat gizi yang berperan pada pembentukan sel darah merah. Seperti, zat besi (Fe), asam folat, vitamin B12, dna zat gizi lain seperti protein, vitamin C, vitamin B6 dan tembaga (Cu). Anemia gizi yang umum terjadi adalah akibat kekurangan zat besi. Untuk mengihindari anemia gizi, Anda perlu mengonsumsi beragam makanan yang mengandung cukup energi, protein, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan. Zat besi dalam bahan makanan terdapat dalam 2 bentuk yaitu hem (makanan hewani, seperti hati, daging, ikan, dsb) dan no-hem (makanan nabati seperti kacang, sayur dan buah). Zat besi hem diserap/absorpsi lebih tinggi dibanding non-hem. Itu sebabnya, penganekaragam makanan menjadi sangat penting.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Periksa Fertilitas Berdua

Demi memiliki anak, pasangan suami-istri harus mengenal masa suburnya dengan memeriksakan diri bersama. Dengan demikian, perencanaan kehamilan dapat dilakukan dengan baik.... read more