Jika Proses Bayi Tabung Gagal

 

Tanya: Kami pernah melakukan program bayi tabung. Selama 7 hari diberi suntikan 1,5 ampul/per hari. Menghasilkan 5 bakal embrio, 3 ditanam dan 2 disimpan, namun yang ditanam gagal. Mengapa dan apa saran dokter bila kami ingin mengulang?
 
Jawab: Pertama-tama, dokter akan mencari tahu apa kira-kira faktor yang menyebabkan kegagalan embrio menempel, misalnya, apakah terdapat kelainan pada lingkungan tempat menanam embrio, yaitu rongga rahim, atau kelainan pada keadaan di rongga panggul. Untuk melihat keadaan di rongga rahim, bisa dilakukan dengan cara ultarasonografi  (USG), Saline  Infusion Sonografi (SIS) dan histeroskopi. Sedangkan untuk melihat keadaan di rongga panggul, dilakukan dengan laparoskopi.

Hal lain yang juga dapat menyebabkan kegagalan penempelan embrio adalah adanya gangguan sistem pembekuan darah pada ibu. Saran saya, lakukan pengecekan sistem pembekuan darah Anda dahulu. Lalu jika perlu, lihat kondisi rongga rahim melalui USG, SIS atau histeroskopi, sebelum memulai program berikutnya.

dr. Irham Suheimi, SpOG:

 



Artikel Rekomendasi