Menikahi Pria Eropa

 

Tanya:
Saya akan menikah dengan pria Inggris. Mengapa kerabat menyarankan kami memeriksa kecocokan rhesus darah? (Christina Rahayu, Jakarta)

Jawab:
Pemeriksaan kesehatan menyeluruh sebaiknya dilakukan pasangan yang akan menikah, jadi bukan hanya rhesus darah. Apa saja yang perlu diperiksa di masa prakonsepsi? Bisa cek di sini.

Rhesus adalah penggolongan berdasarkan ada tidaknya substansi antigen-D dalam darah. Rhesus positif berarti ada antigen-D dalam darah, rhesus negatif berarti tidak ada antigen-D.
Umumya ras asia memiliki rhesus positif, sedangkan ras eropa rhesus negatif, namun tidak selamanya demikian dan harus dibuktikan dengan pemeriksaan.

Kerabat Anda mungkin khawatir calon suami dan Anda memiliki rhesus berbeda, karena perbedaan rhesus suami istri bisa memengaruhi kualitas keturunan. Misalnya, jika ibu mengandung janin berbeda rhesus, maka antibodi antirhesus ibu dapat memasuki sel darah merah janin dan mengakibatkan kematian.       

dr. Yusfa Rasyid, SpOG

 



Artikel Rekomendasi

post4

Balita BAB 3 Kali Sehari, Normalkah?

Banyak anggapan jika anan BAB 3 kali sehari maka makanan yang dimakannya tidak terserap dengan baik dan menjadi penyebab dari berat badan yang sulit naik. Benarkah demikian?... read more