Rahim Ganda

 

Tanya: Dokter mendiagnosa saya punya rahim ganda. Apa maksudnya? Apakah ini menyebabkan susah hamil dan mengancam janin saya? Bayi kami yang lahir prematur 31 minggu meninggal 4 hari kemudian karena paru-parunya lemah. Apa yang harus saya lakukan jika hamil lagi?

Jawab: Persalinan prematur yang Anda alami memang kerap terjadi pada ibu dengan kelainan bentuk rahim. Rahim ganda (uterus dupleks) merupakan kelainan rahim bawaan lahir, di mana Anda memiliki kantong atau badan rahim dua, namun mulut rahim satu. sebenarnya, ini bukan kelainan menakutkan sepanjang dikenali sejak awal kehamilan. Di awal kehamilan, ibu yang memiliki rahim ganda sering mengalami perdarahan akibat hanya satu badan rahim yang terisi kehamilan, sedangkan satunya lagi kosong namun ikut menebal sehingga memicu perdarahan. Pada trimester ketiga, kelainan bentuk rahim biasanya menyebabkan kelainan letak janin dan persalinan prematur.

Rahim ganda juga dapat memicu sulitnya terjadi kehamilan. Karena itu, bila terjadi kehamilan lagi, Anda harus hati-hati, khusunya pada trimester ke-3. Diskusikan dengan dokter tentang langkah terbaik untuk mempertahankan kehamilan sampai matang, karena kondisi tiap kehamilan bisa beda. Misalnya, mungkin Anda membutuhkan bedrest. Juga, antisipasi agar janin tetap survive di luar kandungan jika terpaksa lahir prematur, sehingga dokter memberi suntikan pematangan paru-paru janin atau menyiapkan ruang NICU (Neo Natal Intensive Care Unit) pasca persalinan.

 


 



Artikel Rekomendasi