KB Suntik Sebabkan Siklus Haid Kacau

 





















Setelah menggunakan alat KB suntik, apakah normal jika haid tidak teratur? Apakah haid akan segera normal setelah berhenti menggunakannya?

KB suntik adalah kontrasepsi hormonal yang mengandung progestin. Hormon ini serupa hormon alami, dapat menghentikan ovulasi. 
Hormon bekerja melalui aliran darah, yang disuntikkan di lengan atau di bokong. Ada 2 jenis, yaitu suntikan 1 bulan dan suntikan 3 bulan. Hormon akan bekerja menghentikan ovulasi sehingga siklus haid menjadi lebih panjang, durasi haid pendek, volume darah juga sedikit bahkan tidak haid sama sekali.

KB suntik 99 persen efektif mencegah kehamilan, tetapi ada dampak yang perlu diantisipasi:
- Tumbuh jerawat'
- Sakit kepala
- Mual
- Mood berubah
- Payudara nyeri
- Rambut rontok
- Gairah seks berkurang
- Nyeri tulang

Hal itu akan bertahan selama 3 bulan sampai hormon sintetis habis atau keluar dari tubuh. Dampak lainnya adalah kenaikan berat badan 2 sampai 4 kg dalam waktu 1 sampai 2 tahun. Butuh waktu lama untuk mengembalikan kesuburan hingga 10 bulan dari Anda menghentikan suntikan. Bila Anda ingin hamil dalam waktu satu tahun setelah menikah, KB suntik tidak cocok. 

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Menunda Kehamilan

Baru menikah namun ingin menunda kehamilan. Apa alat kontrasepsi yang tepat? Ini jawaban dr. Aryando Pradana SpOG.... read more