Steril Di Usia Muda

 

Tanya: Saya 29 tahun, sudah punya dua anak balita. Saya dan suami ingin melakukan tindakan KB sterilisasai yang permanen karena tidak ingin tambah momongan. Bolehkah dilakukan di usia saya sekarang ini?

Jawab: usia 29 tahun dengan dua anak seperti Anda sebetulnya belum memenuhi syarat untuk sterilisasi. Pada sterilisasi, kedua saluran telur diikat dan dipotong, sehingga untuk seterusnya Anda tidak dapat hamil lagi. Kemungkinan untuk memperbaiki (menyambung lagi) kedua saluran tersebut saat ini bisa dilakukan di rumah sakit, hanya saja memerlukan teknologi dan peralatan yang lengkap. Bila kedua anak sudah berumur di atas balita, barulan ibu berusia 29 tahun dapat dipertimbangkan ber-KB dengan cara sterilisasi. Bila kedua anak masih berusia balita, sebaiknya cara KB lain saja yang dipilih. Coba dikusikan lagi hal ini dengan suami ataupun dokter.   

 



Artikel Rekomendasi

post4

Periksa Fertilitas Berdua

Demi memiliki anak, pasangan suami-istri harus mengenal masa suburnya dengan memeriksakan diri bersama. Dengan demikian, perencanaan kehamilan dapat dilakukan dengan baik.... read more