Tidak Haid Setelah Stop KB

 

Tanya:
Setelah melahirkan, saya mencoba KB suntik selama 3 bulanan, namun produksi ASI menurun. Tiga bulan lalu suntikan dihentikan. Sejak saat itu saya tidak haid dan mual-mual. Apakah saya hamil meski pemeriksaan test pack negatif?

Jawab:
Sama seperti pil KB, suntik KB ada yang terdiri dari hormon estrogen dan progesteron sintetik, dan ada yang hanya mengandung progesteron sintetik saja. waktu pemberiannya ada yang 3 bulan sekali dan 1 bulan sekali. Umumnya gejala yang ditimbulkan pun sama dnegan pil KB, sesuai dengan hormon sintetik yang dikandung. Suntik KB yang terdiri dari estrogen dan progesteron sintetik dapat menimbulkan efek samping mual, pusing, perdarahan di luar siklus haid atau efek berkepanjangan. Kadang terjadi juga perubahan kenaikan dan penurunan berat badan, tergantung jenis hormon sintetik yang digunakan.
Sedangkan suntik KB yang hanya mengandung progesteron dapt menimbulkan gangguan siklus haid dan keluhan seperti mual dan pusing.
Perlu diingat, efek kerja suntik KB lebih kuat dibanding pil, sehingga seringkali efeknya masih terasa meski sudah tidak disuntik lagi, misalnya kembalinya kesuburan lebih lambat, ditandai dengan tidak haid. Untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak, sebaiknya lakukan pemeriksaan tes di laboratorium.       

dr.Ichnandy rachman, SpOG

 



Artikel Rekomendasi

post4

Balita BAB 3 Kali Sehari, Normalkah?

Banyak anggapan jika anan BAB 3 kali sehari maka makanan yang dimakannya tidak terserap dengan baik dan menjadi penyebab dari berat badan yang sulit naik. Benarkah demikian?... read more