Berita Ayahbunda

Pekan ASI Sedunia 2013

Pekan ASI Sedunia 2013 Ayahbunda.co.id
Tema Pekan ASI Sedunia tahun 2013 adalah Breastfeeding Support; Close to Mothers atau dengan kata lain Dukungan Untuk Ibu Menyusui: Bersahabat dengan Ibu.

Tahun ini pula, organisasi dunia World Breastfeeding Week (WBW) lebih menitikberatkan pada Breastfeeding Peer Counseling (Rekan Konseling Ibu Menyusui).Tema ini  dilatar belakangi oleh betapa banyaknya kondisi psikis dan mental sangat baik, yang dialami wanita saat mengawali masa kehamilannya. Namun beberapa minggu atau bulan pasca persalinan, terjadi penurunan tajam dalam tingkat pemberian ASI, khususnya ASI eksklusif.

Organisasi Pekan ASI Sedunia akhirnya memiliki kesimpulan, bahwa ketika sejumlah besar ibu tidak mengunjungi fasilitas kesehatan, maka sistem dukungan masyarakat menjadi sangat penting demi kelangsungan pemberian ASI eksklusif. Dukungan bagi ibu menyusui dapat diberikan melalui berbagai cara. Betul sekali, bila dikatakan bahwa dukungan yang paling utama, tentunya adalah dukungan keluarga. Selebihnya, melihat banyaknya ibu yang juga merupakan masyarakat urban dan tidak tinggal di dekat keluarganya, dukungan diperlukan dari lingkungan sekitar, baik dari tim kesehatan yang sudah terlatih, konsultan laktasi, tokoh masyarakat, maupun dari rekan-rekan sesama orangtua.

Program Rekan Konseling Ibu Menyusui ini merupakan program yang hemat biaya, mengingat jumlah ibu-ibu yang perlu dukungan sangat besar. Siapapun dari masyarakat yang terlatih dapat menjadi konselor. Kehadiran seorang pembimbing di masyarakat adalah faktor penentu kelangsungan aktivitas menyusui yang memiliki banyak tantangan. Pada dasarnya, kunci utama dari pemberian ASI terbaik adalah dukungan sehari-hari bagi ibu,baik di rumah maupun di tengah masyarakat.

Berikut 5 tujuan utama dari organisasi World Breastfeeding Week:
  1. Mengajak masyarakat untuk memberikan “dukungan sesama” dalam membantu ibu membangun dan mempertahankan pemberian ASI Eksklusif.
  2. Memberi informasi pada masyarakat tentang manfaat efektif dari Program Rekan Konseling dan menyatukan upaya untuk memperluas program ini.
  3. Mendorong pendukung ASI, terlepas dari latar belakang pendidikan mereka untuk melangkah maju dan terus dilatih demi mendukung ibu dan bayi.
  4. Mengidentifikasi kontak dukungan masyarakat lokal untuk ibu menyusui, agar semua ibu menyusui bisa mencari bantuan dan dukungan pasca persalinan.
  5. Meminta pemerintah dan fasilitas bersalin secara global untuk secara aktif melaksanakan “Sepuluh Langkah”, khususnya langkah ke-10, yaitu meningkatkan durasi dan tingkat pemberian ASI eksklusif.

Sumber: http://worldbreastfeedingweek.org/