Balita Mengidap Penyakit Organik

 

Disebut penyakit organik karena bersifat kronis atau hilang timbul menimpa bagian tubuh tertentu. Sering memengaruhi pola makan anak karena, ketika rasa sakit menyerang, minat dan selera makan anak hilang. Atau justru organ tubuh yang digunakan untuk makan tidak dapat bekerja sempurna.
Beberapa contoh penyakit organik:
  • Gigi berlubang sehingga mengganggu proses mengunyah.
  • Gigi sedang tumbuh sehingga gusinya gatal, produksi air liur meningkat, anak juga demam. Semuanya mengganggu selera makan.
  • Anak mengalami gangguan pada rongga mulut. Yang umum terjadi adalah sariawan, infeksi jamur di lidah, serta gangguan susah menelan akibat  infeksi jamur di kerongkongan.
  • Gangguan pencernaan seperti kembung dan mual, sehingga perut anak terasa penuh dan tidak nyaman untuk diisi makanan.
  • Diare, batuk, flu, mengidap TBC atau cacingan, semuanya membuat anak kehilangan nafsu makan.
Terhadap penyakit organik seperti ini, pertama-tama atasi dulu penyakitnya. Cek kondisi fisik anak untuk mendeteksi sesuatu yang tidak beres. Apakah giginya berlubang, giginya sedang tumbuh, adakah sariawan di mulutnya dan lain-lain. Minta pula anak menceritakan apa yang ia rasakan. Setelah cukup informasi awal, bawa anak ke dokter spesialis anak agar penyakitnya diobati dengan benar dan tuntas. Setelah penyakitnya sembuh,  cermati kembali apakah pola makan anak jadi membaik.

 



Artikel Rekomendasi